Tugas datang.. moniq menerjang.. (??)


Hwaha.. I’m back again.. ni sebenernya daku lagi melakukan tugas mulia yaitu melakukan penelusuran pustaka melalui internet (kalo dari matkul Sistem Informasi Komputasi, internet itu merupakan bisa berupa pustaka primer ato sekunder) dalam rangka menunaikan tugas makalah farmakognosi untuk praktikum.. (yg deadline-nya selasa depan, which means 3 hari lg). Ni lagi nyari data bo! Tapi dengan baik hati daku menyempatkan diri untuk mampir ke buku harian keduaku.. (baik hati ti mana deuih, teu nyambung).

Jadi tugas mulia yg harus ditunaikan kali ini adalah :

TUGAS PENULUSURAN PUSTAKA

KAJIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN

UNTUK MENGOBATI REMATIK

Ciri Morfologi, Kandungan Kimia Khasiat, Cara Penggunaan

 

Ntu judul dikopas (kopi paste – kerjaan ahli para mahasiswa pemalas) langsung dari makalah kite.. kenapa kite? Karena daku tidak seorang diri dalam menyelesaikan titah praktikumnya Mr. Asep Gana Suganda.. Oya, salah deng, kalo menurut TTKI (Tata Tulis karya Ilmiah), kita pada kalimat di atas itu salah penggunaannya,, (harusnya kami) bisa2 kalo bilang kita, ntar diterusinnya –”Kita? Lu aja kali ama gayung” masih mending kan dibarengin ama gayung daripada sama embe..

Duh, jadi kaga selese neh. Jadi org2 beruntung yg sekelompok sama MONIKA PURY OKTORA adalah….

  1. Zulfan Zazuli (11606007) – manusia yg disinyalir paling ganteng di angkatan 2006 ini suka malu2 marmut kalo disodor2in jadi Kahim.. (kami mendukungmu Julwoo..)

  2. Cindra Tri Yuniar (11606008) – akhwat yg punya amanah segunung di Mata’ dan di tempat2 lainnya (yg pasti bukan di gua), menabung IP yang ga tanggung2,, (tanya ndirilah, dijamin sirik)

  3. Amadeus Sanda Layuk (11606009) – Pria metroseksual gak jelas yg berambisi untuk menjadi penyiar ternama dan memulai debutnya di POA (Pharmacy On Air), merupakan kandidat terkuat utk jadi dirut POA.

  4. Ayu Paranitha H. P. (11606011) – Wanita bersuara halus2 menggauda ini sangat mahir mengendarai motor, kemaren baru sibuk jadi panitia seminar energi something (daku lupa), pemikirannya bisa bikin kita terdiam duaribu bahasa.

  5. Diana Yusnita (11606012) – Wanita yg sudah menginjak usia yang tidak bisa dikatakan muda lagi ini merupakan aktipis (bukan aktebel,, –garing sih.. hihi..), –aktivis maksud saya–, pembela kebenaran dan keadilan (Sailormoon aja kalah gitu loh ama dia..), tapi sayangnya beliau alergi sayuran.. (ckckck…)

 

Sekian beberapa sahabat2 saya dari Genggong FKK (Farmasi Klinik Komunitas ITB, angkatan perdana yg beranggotakan 34 org!!), dan mungkin anda2 akan mengetahui deskripsi2 lainnya dari anak2 FKK becoz kita kalo ada kelompok something suka diacak2, jadi satu semesteran bisa kebagian kelompok dgn org yg beda2 tapi tetep org yg aneh2..

 

BACK TO TOPIC!! (moniq kalo mo cerita, ngelidurnya suka kebanyakan,, maap2.,,)

Jadi moniq disini mo menyajikan informasi yg informatif mengenai tanaman obat berkhasiat utk mengobati rematik. Rematik tu kan udah jadi penyakit yg umum, jadi kadang2 org tu ngobatin penyakitnya ga perlu pake obat keluaran apotek lagi alias obat pabrik, tapi bisa juga pake obat tradisional yg udah teruji secara empiris. Nah, si taneman2 ntu biasanya suka ada di sekitar kita, tapi kita suka gak tau kegunaannya apa, jadi we dibiarin jadi pajangan halaman rumah doang, dibiarkan layu karena usia. PadaHAL! Tumbuhan tersebut bisa kita manpaatkan LOOOH!! gak percaya,, ni ada sumber terpercayanya:

Berdasarkan Indeks Tumbuh-Tumbuhan Obat di Indonesia Edisi II (1995. PT Eisai Indonesia) tumbuhan obat yang dapat mengobati rematik adalah:

  1. Apium graviolens (Seledri)

  2. Arachis hypogea (Kacang tanah)

  3. Avverhoa bilimbi (Belimbing wuluh)

  4. Calophyllum inophyllum (Nyamplung)

  5. Cannabis sativa (Ganja)

  6. Capsicum annum (Cabe lombok)

  7. Cinnamomum camphora (Kayu manis)

  8. Curcuma domestica (Kunyit)

  9. Cymbopolon citratus (Serai)

  10. Dryobalanops camphora (Kayu kapur barus)

  11. Gaultheria frgrantissima (Gandapura)

  12. Melaleuca leucadendra (Kayu Putih)

  13. Switenia macrophylla (Mahoni)

  14. Terminalia cattapa (Katapang)

  15. Zingiber officinale (Jahe)

  16. Rodocarpus neriifolia (Taji)

  17. Kadsura scandens (Ki lembur)

  18. Cinnamomum culilawan (Kayu teja)

  19. Cinnamomum sintok (huru sintok)

  20. Litsea chinensis (Huru batu)

  21. Tinomiscium petiolare (Akar langkap)

  22. Cleome viscosa (Mamang)

  23. Viola odorata (rumsari)

  24. Stellaria saxatilis (Tepung otot)

  25. Lawsonia inermis (Pacar kuku)

  26. Tetrameles nudiflora (Binong)

  27. Cleistocalyx operculata (Jungrahab)

  28. Leptospermum flavescens (Kayu papua)

  29. Calophyllum soulattri (Sulatri)

  30. Calophyllum nightianum

  31. Mesua ferrea (Nagasari)

  32. Aquilaria agallocha

  33. Mons alba (Bebesan lampang)

  34. Ochanostachya amentacea

  35. Ampelopsis cantoniensis

  36. Vitis polystachya (akar cabang tujuh)

  37. Vitis quadrangularis (Patah tulang)

  38. Acronychis laurifolia (Jejerukan,ki jeruk)

  39. Clausena anisum-olens

  40. Lafanga sarmentosa (Ki daun)

  41. Brucea javanica (Lada pahit, kwalo)

  42. Quassia indica (piandong)

  43. Canarium luzonicum

  44. Amoora cucullata

  45. Dysoxylum cauliflorum (Mensiah rimau)

  46. Cardiospermum halicacabum (paria gunung, pulungan,ketipes)

  47. Hapullia arborea

  48. Sapindis rarak (rerek, lerak,werak)

  49. Agelaea trinervis

  50. Alangium salviifolium

  51. Trevesia cheirantha

  52. Gaultheria leucocarpa (kering, cantigi bodas, gandapura)

  53. Ardisia odontophylla (pasal)

  54. Nyctanthes arbor-tritis (srigading)

  55. Hoya diversifolia

  56. Hedyotis capitellata

  57. Morinda bracteata (Bengkudu)

  58. Ixora chinensis

  59. Morinda speciosa

  60. Mussaenda villosa

  61. Paederia scandens (Kahitutan,kasembukan)

  62. Pavotta indica

  63. Pettunga venulosa

  64. Randia spinosa

  65. Timonius sericeus (Gai,nggai)

  66. Uncaria longiflora (Kait darat, kait besi)

  67. Blumea balsamifera

  68. Carthamus tinctorius (Kasumba, Kembang pulu)

  69. Sausurea lapa (pucuk)

  70. Synedrella nodiflora (Gletang warak)

  71. Vernonia cinerea (buyung-buyung, daun muka manis

  72. Plumbayo indica (akar binasa, ceraka merah)

  73. Plumbayo zeylanica (godong encok, bama, poksor)

  74. Heliotropium indicum (bandotan, ekor anjing, tusuk konde)

  75. Capsicum frutescens (cabe cengek, cabe rawit)

  76. Datura fastuosa (kecubung)

  77. Eurycles amboinensis (daun sapenuk, babawangan)

  78. Crinum asiabicum (bakung, bawang hutan)

  79. Allium porrum (bawang sayuranan)

  80. Amorphophallus campanulatus (suweg)

  81. Alocasia macrorrhiza (sente)

  82. Acorus calamus (jaringao)

  83. Zingiber purpureum (bengle)

  84. Zingiber aromaticum (lempuyang)

  85. Curcuma aeruginosa (Temu erang, temu itam)

  86. Ocimum sanctum (Kemangi utan)

  87. Moschosma polystachyon (sangket, sangketan)

  88. Acacia Pennata (areuy garut)

  89. Mezoneurum sumatranum

  90. Putranjiva roxburghii

  91. Jatropa Curcas (Jarak Kosta)

  92. Aporosa arborea (oris, poris, poris kerbo, Ki Kuya)

  93. Acalypha indica (Ceka mas)

  94. Urena lobata (pulutan, pungpulutan)

  95. Vetivera zizanoides (akar wangi)

  96. Dendrobium pungilum (sekat klembai)

  97. Pandanus amaryllifolius (pandan musang)

  98. Dioscorea hispida (gadung)

  99. Hyptis suaveolens (kunu busuk)

  100. Dysophylla auricularia (kekucing, buntut kucing)

  101. Coleus comboineus (daun jinten, daun kucing)

  102. Anisomeles ovata (rumput ati-ati)

 

Nih, yg nyari 102 data ini deus ma zulfan looh, di hari jumat berkabut, setelah berkutat, berebut, dan jambak2an sama kelompok lain demi ngeliat daftar taneman dari buku maha informatif itu.. (eem.. kayanya ga selebay itu bgt sih..), habis deus ma zulfan nyeritainnya kaya tentara habis pulang perang aja sih.. heuheu..

Sebenernya, jumlah totalnya ada 120 looooh. Tapi berhubung tadi buru2, jadi baru kesalin 102,, (beda dikit lah ya,, letak angka 0 sama 2-nya..).. itu juga nyalinnya penuh perjuangan,, kenapa? Soalnya kan zulfan yg ngetik tuh, nah, moniq yg baca tulisan salinannya zulfan.. eem,, tulisannya zulfan itu berhubung agak ”antik”, jadi moniq perlu les khusus dulu demi bisa membaca tulisannya zulfan, tentunya pengajarnya ya zulfan sendiri, hohoho.. dan kata zulfan: ”Ya, itung2 latian baca..”.. waduh.. jadi selama 2 tahun di TK dan 6 tahun di SD moniq belajar baca tu masih kurang yaaak??. akhirnya setelah beberapa menit zulfan berkata, ”Wah, kemampuan moniq udah ter up-grade,, bisa naek ke level selanjutnya..” .. Alhamdulillah,,,

Untungnya ga se-102-an semuanya moniq yg mentranslate tulisan zulfan (ke dalam bahasa manusia), ada deus yg nggantiin (lanjut pake tulisan salinannya deus).. hoho,, tulisannya masih lumayan beradab ko.. (no heart feeling, ya zul. =P.)

Mudah2an, makalah kita cepet beres.. amiin….

Btw, kalo penasaran gimana morfologi en cara penggunaan tanaman obat yag di atas, bisa kontak moniq,, tapi setelah hari selasa ya,, pas makalahnya dah beressss,…

 

c U…

 

 

Advertisements

11 thoughts on “Tugas datang.. moniq menerjang.. (??)

  1. asw …

    mon, demi tugas kita…aye terperangkap di ujung suatu warnet dekat jln. katamso yg sunyi senyap pukul 00.46 waktu cibeunying kidul…!!!
    mana tumbuhannya kaga lengkap lagi…doakan saja y mon…

    o iye, ntr laen kali kita les mbaca lagi okeh…masi ada 3 level lanjutan…huehehe

    wsw…

  2. aduh gusti….
    sugan teh ada data yang pengen kucari…
    ternyata blognya si euceu teman sekelompok sendiri…

    salah berharap yeuh…
    hoho..

  3. Moncekong…

    Selagi aku meminta mbah google mencarikan mahoni, jahe dan blimbing itu, aku tersesat disini…

    Dan ternyata terjadi namaku disebut2…
    hehehehe…

    ga alergi sayuran juga kali, cuma ga suka…rasa daun..hoeekk…

  4. monchu… aku senasib sama yunya.. lagi searching malah nyasar kesiniii.. btw,, mo ralat..
    kamu salah masukin nama ilmiah,,
    jung rahab teh harusnya Baeckea frutescens L.
    udah gtu ajah,,
    keren mon.. Insya Allah bermanfaat,,

  5. from malaysia….
    saya begitu berharap sama kamu…kok bisa ngak beritahu sama aku sejarah atau asal mula itu pokok sapindus rarak@rerek@lamuran@werak…..ak sekarang lg bikin projek yang kajinya itu buah untuk dijadikan obat gatal…lecturer dr indonesia yang bagiin title ini padaku…disuruhin kaji…kok bisa bantu ya…email sama ak…
    yang berharap
    mkharidah@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s