gigi… parasetamol.. dan pamit..


emang ramadhan ini,,, adalah bulan penuh rahmat dan barokah… udah gak kerasa udah H25 lagi.. dan moniq baru puasa 5 hari lho.. ditambah tar kalo mudik ke padang pake mobil kayanya di jalan ga akan shaum.. (kan musafir..)..

di hari ketiga moniq puasa.. moniq bermasalah lagi.. kali ini dengan gigi.. huhuhuhu.. kalo meggy Z bilang: “lebih baik sakit gigi daripada sakit hati ini… biar tak mengapa…”

bo’ong tu.. sakit gigi juga perihnya sama kaya sakit hati,, hehe.. (berhubung pernah ngerasa sakit hati juga jadi bisa ngebandingin-lah ya.. ). makan ga enak, tidur pun tak nyenyak, apalagi belajar, hoho..(mirip kan sama kaya org sakit hati)..

Praduga awal penyebab moniq sakit gigi adalah ada geraham blkng moniq yg tumbuh,, tapi kok sakit bgt ya? ni gigi udah nongol dari 3 bulan yg lalu tapi belom nongol sebagian, kira2 baru seperlimanyalah, heu..tapi yg skrg tu sakitnya nyut2an ampe ke kuping..

akhirnya setelah tiga hari menahan derita,, (lebaaay) moniq ke dokter gigi di bmg.. dokternya ramah bo, ibu2 gitu..

dokter: “kenapa?”

moniq: “gigi saya sakit dok, udah 3 hari, kayanya gigi geraham blkg tumbuh,”

dokter: “cek dulu yuk.”

moniq: — ngangkat mulut lebar2,, maap dok kalo hawa2nya org puasa..

dokter: — meneliti dengan cermin bertangkai,, “Woaduuh.. bengkak ini.”

kata dokternya, gigi yg tumbuh gpp, cuma ada bengkak di gusinya, infeksi. trus moniq disuruh makan permen karet buat bantuin giginya lahir, eh giginya tumbuh, biar didorong2 gt, supaya ga mencong..

trus dikasi obat lagi: antibiotik amoxcicilin, scanaflam (buat antiinflamasi), ama parasetamol (analgesik/antipiretik sahabat moniq, krn paling aman buat lambung moniq yg bermasalah)..

lucunya ni, pulang dr bmg kan lewat salman tu, nah di deket jalan menuju salman itu moniq ketemu ama pa yudi (inget dosen fisika dasar II pas tpb?, yg ganteng? yg kaya cokim taunya muslim?) eh gak dinyana, si bapak itu masih apal-lah ama muka moniq, disennyumin gitu, wakakak,, (ge-er-an pisan yah..), stlh itu moniq ngerasa nyut2an di gigi moniq ilang,, selama 5,6 detik, 5 langkahlah, hehe.. habis itu nyut2 lagi,,,

Pas bukaaa…

minum obat..

uuuughh.. lega rasanya,, sakitnya ilang,,, parasetamol emang ajaib ya,, sekalian info neh, golongan obat utk sistem syaraf (kaya nyeri2 ama pusing) itu jenisnya paling banyak lho di indonesia, kata pak sigit dosen farmakologi moniq, 1/3 dari buku ISO (informasi spesialite Obat) tu isinya ttg produk analgesik/antipiretik. kenapa kalo minum parasetamol (panadol), ibuprofen (profenid), asetosal (aspirin), asam mefenamat (ponstan), metamizol (antalgin), yg asalnya sakit kepala, sakit gigi, nyeri2, demam bisa ilang? nah.. jadi si obat ini teh menghambat enzim (namanya siklooksogenase) yg berperan dalam menurunkan sintesa prostglandin,, prostaglandin itu adalah protein transmitter yg berpengaruh dalam reseptor nyeri.. reseptor nyeri kan ada di bagian tubuh kita tuh,, nah kalo prostaglandin udh diteken, jmlhnya akan sedikit, dan otomatis sensitivitas si reseptor nyeri akan turun, ato sumber nyeri itu sendiri bakal ilang..

hihihihi… ni nih yg baru belajar farmakologi, ceritana mah mau mengaplikasikan.. sekalian bagi2 info..

itu teh baru mekanisme kerja obat yg sederhana, gmn kalo obat2 antikanker ya? heuheu.. namanya juga org belajr, bertahap yaak.. oya, menilik dari kasus pas moniq disenyumin ama pak yudi, apa mungkin si bapak mengirimkan sinyal2 yg bisa menghentikan si prostgalndin berhenti bekerja?? wakakakk.. aya2 wae… mgkn sebenernya moniq perlu endorfin yg banyak.. biar ga setres kaya gini..

btw, pas nulis ini gigi moniq kambuh lagi sakitnya, dari sahur tadi efek obatnya udah ilang kira2 jam 10an lah,,, dan moniq ga bisa minum obat (pan shauuum..), jadi ini lagi meringis menahan perih,, heuheu.. dan lapar juga tentunya,,,

oya, sekalian moniq mo pamit ni,, mo cabut dari bdg, mo pulang kampung ke padang, hohohoho… kampuang nan jauah di matoooo… maaf lahir batin ya,, selamat Idul fitri.. (bisi ga sempet nge-blog lagi)…

Advertisements

One thought on “gigi… parasetamol.. dan pamit..

  1. oh gitu ya, aku baru tau kalo permen karet bisa ngebantu pertumbuhan gigi..
    oh ya nik cerita yang laen mana nih??
    jarang update ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s