(In)sanity


Begitu saja tersimpan di kolong meja, tertumpuk di bawah kertas dan buku-buku, entah sekian lama. Dan saat itu, kayanya saya butuh itu..
Perasaan lagi kesel, pengen ngegrauk orang rasanya, ternyata dia bisa cukup berguna buat saya.

Itu si buku harian buluk akuuuu… Pengen curhat ke orang, emm.. orang yang tepat lagi ga ada (lagian males juga deng curhat ke orang). Akhirnya aku corat-coret deh tuh buku, sampeeee betenya mereda.

Menulis buat saya memang bukan sekedar menulis, writing is my tool to keep my mind still sane, to maintain my emotion. Itulah salah satu alasan saya masih waras, hahaha.. ga seberlebihan itu sih. Tapi suer, habis nulis saya jadi agak-agak lega, habis mencaci maki, mengeluarkan bongkahan-bongkahan penyakit dari dalam hati, membebaskan tangan berolah raga di atas kertas.

Kalau kalian baca buku harian eike,, waahh.. bisa heran dah, eike bisa psikopat kaya gini (mudah-mudahan buku harian itu ga jatuh ke tangan yang salah, dan ga pernah terbaca sama calon anak-anaku *nanti* bisa-bisa mereka ilfil sama emaknya ntar, maaf ya sayang kalo bunda agak-agak labil).

Oya saya masih waras lho untuk tidak mencurahkan sedalam-dalamnya perasaan di blog, bisi ada yang baca (pede pisan ada yang baca, hahaha..) kayanya ini blog sebenernya cuma menuh-menuhin jaringan web aja, tapi daku sebenernya selalu berusaha untuk nulis yang berguna kok, beneran.. tulisan aku yang guna lumayan ada, kalo ga percaya buka aja blog apoteker bercerita.

Oke, kita sudahi saja tulisan ini. Hmm.. biar ada yang guna dikit, saya kasih tips untuk mengatasi perasaan kesel, perasaan pengen ngegrauk manusia, perasaan sedih, benci,dongkol, dan kawan-kawannya.

  • Jangan buru-buru untuk ambil baygon terus diminum atau ambil tali untuk ngegantung. Sabar kawan.. semua ada jalannya, jangan biarkan emosi itu membuatmu jadi gelap mata. Lebih baik ambil pena, tuangkan semuanya di atas kertas, biarkan emosimu mengalir melalui pena dan disalurkan di atas kertas. Biarkan emosi itu menderas di kertas itu. Hal itu akan membuatmu bisa lebih berpikir jernih, menghela nafas, dan menghapus sisa-sisa air mata (kalau ada).
  • Kalau udah puas biarin dulu kertas itu, ga usah dibaca ulang, ini bukan ngisi lembar ujian, mending istirahat dulu, tidur kek barang setengah jam untuk mengendapkan semuanya. Kalau udah baru lanjutkan hidupmu. Jangan lupa baca doa sebelum tidur.
  • Oya mengenai kertas itu (atau buku kalau kamu nulisnya dibuku), hmm.. terserah sih mo diapain, asal jangan dibakar terus dicelupin ke air minum sambil dijampe-jampe dan diminum airnya, ini bukan praktek dukun atau ilmu hitam. Saran aku sih simpen aja baik-baik, di kemudian hari bisa dibaca dan kita bisa berkaca betapa ga warasnya emosi kita itu, bisa jadi bahan evaluasi dan interospeksi. Tapi hati-hati aja kalau bisa membangkitkan emosi itu lagi. Tapi I am sure, in that time you read again your writing, you have just improved yourself, you are better person now, kamu sudah menjadi manusia yang lebih bijak pada saat itu.
  • Sebenernya, saran yang sebener-benernya.. *yang tadi untuk menuang emosi sesaat sih* adalah ambil wudhu dan solat, kalau bisa sama ngaji sekalian, adukan sama Allah. Heumhh.. sayang saya masih susah melakukannya, Well.. I am still learning anyway.

Sekian

Advertisements

2 thoughts on “(In)sanity

  1. “Sebenernya, saran yang sebener-benernya.. *yang tadi untuk menuang emosi sesaat sih* adalah ambil wudhu dan solat, kalau bisa sama ngaji sekalian, adukan sama Allah.”

    hmm…
    nice advice Ibu Moniq 😀

    1. eheuheu. aduh jadi malu tulisan2 monik mah masih banyak cuma tentang curhat sama menyampah doang kang. pas liat blognya kang irfan, subhanallah, banyak pelajarannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s