Daerah Jajahan Jakarta


4 bulan berada di Jakarta, bikin kangen Bandung sangat. Tapi mau gamau I have to survive here.

Dulu saya pikir Jakarta itu bentuknya.. yah well.. sejujurnya gatau bentuknya kaya apa, pokonya Jakarta itu belibet dan tempatnya gedung-gedung tinggi. Tapi ternyata Jakarta ga hanya selebar daun kelor. Macem-macem sudut Jakarta. Saya jadi belajar banyak tentang rute-rute bus, angkot, busway, metromini, dll. Maklum di Jakarta ini emang enaknya naik angkutan umum daripada mobil pribadi *halaahh, bilang aja emang ga punya mobil* haha.. ya selain itu memang. saya jadi (agak) seneng baca peta (ketularan papa dan suami. I wanna prove that women can read maps)

Ada paham yang berbeda ketika berada di Bandung dan Jakarta, dalam hal jarak tempuh dan jauh tidaknya tempat. Kalau di Bandung, mau semaceeeet apapun, sejauuuh apapun tempat, misalnya dari Kopo ke Cimahi, dari Dago ke Ujung Berung, Dari Buah Batu ke Cicaheum, saya meyakini dalam hati  bahwa, saya pasti akan (tetap) sampai ke tempat tujuan.

Lain halnya kalau di Jakarta, mau dari Fatmawati ke Semanggi aja yang sebenernya km-nya ga terlalu jauh, saya malah ragu bisa sampe sana jam berapa, haha.. atau bahkan mungkin ga sampai-sampai. *lebay* Maka dari itu memang amannya di Jakarta itu kalau mau jalan-jalan: 1. Cari tempat yang emang deket sama rumah, jadi ga macet dan cape di jalan, 2. Atau ya kalo mo pergi pastiin jalanan ga akan macet, misalnya subuh jam 4 pagi, atau malem jam 1, hehehe

Oke, sebenernya isi blog kali ini cuma mau ngeshare rute-rute kendaraan umum yang saya ketahui selama 4 bulan ini, sebagai daerah jajahan saya. Maunya saya tulisin juga tu jalan: Monik was here –> ketauan anak Bandung teu gaoel di Jakarta.

Fatmawati – Kampung Rambutan

  • Naik metromini 76 (jurusan Blok M-Kampung Rambutan): Sebenernya enak naik ini karena langsung masuk tol dan keluar tol di Pasar Rebo, jadi cepet, cuma yahh si metromini satu ini lebih jarang jumlahnya dan penuuhh.
  • Naik koantas bima 509 (jurusan Lebak Bulus-Kampung Rambutan) dari perempatan fatmawati: memang lebih manusiawi, tapi lebih lama sampenya karena si minibus ini ngelewatin Cilandak dulu baru masuk tol.
  • Nah, saya ga turun di Kampung Rambutan, kalau mau ke Erlangga di Jalan Haji Baping, saya turun di Jalan Baru (tempat banyak orang nongkrong nungguin angkutan), terus saya lanjut naik angkot merah T12.

Kampung Rambutan – Lebak Bulus

  • Naik koantas 509 tadi, turunnya di Pasar minggu. Dari Pasar Jumat lanjut angkot lagi, angkot merah S12 (jurusan Lebak Bulus-Ragunan), nanti saya turun di Lebak Bulus 3, sampai deh di depan Dahlia Town House-nya SLB.
  • Naik koantas 510 (jurusan Ciputat-Kampung Rambutan): Nah ini bisa lebih cepet sampenya, karena si bus langsung masuk tol dan keluar tolnya di Lebak Bulus, ga macet-macetan di Cilandak dan di Fatmawati. Tapi yahh, ih ieu buss pinuuhh pisann.. jarang dapet duduk. Lanjutannya sama, di Pasar Jumat naik S12 tadi.

Fatmawati – Blok M

Kalau ke arah pusat perkantoran di Semanggi, Sudirman atau Kuningan dari Fatmawati (yang saya tahu) jalan yang bisa dilewati ya sepanjang jalan Fatmawati itu lewat blok M.

  • Dari fatmawati bisa naik 2 metromini: metromini 76 (yg disebutkan di atas) dan metromini 610 (jurusan Pondok Labu-Blok M). Bedanya 76 itu bakal lewat blok A dan ga ngelewatin terminal blok M-nya. 610 nanti lewat Melawai. Ati-ati aja kalo naik 76 trus ga apal si terminal Blok M sebelah mananya bisa salah turun tar (pengalaman pribadi).
  • Nah dari terminal blok M bisa kemana-mana deh. Kalau ke arah Semanggi, Sudirman, dan Kuningan bisa langsung pake busway (harusnya saya bilang Transjakarta, tapi biarin deh enakan ngomong busway, abaikan) biar gampang.

Kampung Rambutan – Bekasi Barat

  • Sebenernya jarak Bekasi Barat-Rambutan dari kilometernya cukup jauh, tapi jarak tempuhnya ga selama itu ternyata. Karena si langsung masuk tol dan keluar tol, ga kena macet jadinya, paling kena macet pas masuk tol doang. Dari Bekasi Barat ke Rambutan naik bus Mayasari Bakti P9B. Jalurnya dari Terminal Bekasi masuk tol Bekasi Barat via tol Cikunir, keluarnya di tol Cijantung/Pasar Rebo.

Kampung Rambutan – Pondok Gede

  • Naik angkot/mikrolet K40. Biasanya saya naik dari Jalan Baru juga, nanti dia lewat TMII, Asrama Haji, terus sampe Pondok Gede.

Lebak Bulus – Kuningan

  • Yang pernah saya coba naik Kopaja 20 (Lebak Bulus-Senen). Si kopaja ini nanti lewat Mampang, yang daerah muacceett bangett, terus baru ke Rasuna, lewat Gambir, berakhir di Terminal Senen.
  • Bisa juga dari lebak bulus ke Blok M dulu, naik metromini 72 (Lebak Bulus-Blok M). Nanti si metromini bakal lewat Pondok Indah, Radio Dalam, baru ke Blok M. Dari Blok M, naik busway deh.

Lebak Bulus – Pondok Indah

  • Bisa naik metromini 72
  • Atau busway. Enak busway juga sih, biar bisa turun di halte PIM 2, naik langsung ke PIM-nya.

Salemba – Bekasi Barat

  • Naik Mayasari Bakti AC63  dengan rute Pasar Baru – Bekasi (Tol Barat) via Salemba – Pramuka.
  • KRL? – Nah ini yang belom saya coba

Nah baru segitu sih, dilihat dari rute-rute angkutan umum di atas, daerah jajahan saya seputar Lebak Bulus-Fatmawati-Kampung Rambutan-Bekasi Barat. Insya Allah saya akan menjajaki daerah Jakarta Pusat mulai Maret ini, daerah Salemba, Percetakan Negara, dll. 

Advertisements

8 thoughts on “Daerah Jajahan Jakarta

  1. Thanks infonya, kebetulan mau ke kampung rambutan bingung naek apaan.. hehehe tragis ya.. wkwkw saya anak jakarta ga ngerti rute2 angkutan bus… x_x

    • hehe,, sama2,, sekalian belajar, saya juga masih suka searching2 kalo mo naik angkutan umum dan gatau jalan 😀

  2. dari kampung rambutan naik metromini 76, tapi dia ga berhenti di terminal blok M, langsung muter lagi, minta turun aja sama keneknya di terminal blok M gitu.

  3. dari kampung rambutan naik metromini 76, tapi dia ga berhenti di terminal blok M, langsung muter lagi, minta turun aja sama keneknya di terminal blok M gitu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s