Rute KRL terbaru


Seperti yang pernah saya janjikan sebelumnya, saya posting juga nih rute KRL ini. rute ini bisa juga diakses di web KRL.

KRL ini bisa mencapai jarak jauh dari ujung kota ke ujung kota. Tapi tetap pastikan jadwal keretanya ya.. dan dimana stasiun transit (kalau memang perlu turun dulu)

bisa lihat berita, info, gosip, dll lengkapnya di web KRL juga..

Ini berita mengenai perubahan rute KR. Bisa dilihat ada 6 rute yang menghubungkan stasiun-stasiunnya.

Untuk meningkatkan kapasitas angkut KRL Jabodetabek, PT Kereta Api Indonesia dan PT KAI Commuter Jabodetabek berencana mengubah rute perjalanan kereta mulai Desember 2011. Dengan perubahan rute KRL, hanya tersisa 6 rute dari 37 rute KRL yang ada saat ini.

Saat ini, perjalanan kereta rel listrik (KRL) banyak yang tumpang tindih. Setelah penataan rute, hanya akan ada persinggungan rute KRL. Di stasiun-stasiun persinggungan itu, penumpang KRL bisa berganti kereta untuk mencapai stasiun tujuan.

6 rute KRL yang akan dijalankan adalah lintas Bogor (dua rute), Bekasi, Parung Panjang, Tangerang, dan Tanjung Priok. Sama seperti perjalanan saat ini, KRL masih tetap berhenti di setiap stasiun yang dilewati.

Satu rute KRL lintas Bogor akan memulai perjalanan dari Stasiun Bogor, Depok, Manggarai, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, dan berakhir di Jatinegara. Ada juga KRL dari Bogor yang melewati Manggarai, Gambir dan Jakarta Kota.

Sekretaris Perusahaan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Makmur Syaheran, Selasa (25/10) mengatakan, perubahan pola operasi pada akhir tahun ini memang belum sempurna. Idealnya, KRL lintas Bogor hanya ada satu rute.

“Karena kapasitas penumpang di lintas Bogor tertinggi, saat ini ada dua rute KRL lintas Bogor. Kalau semua KRL Bogor memutar sampai ke Stasiun Jatinegara, dikhawatirkan ada penumpang tujuan Stasiun Jakarta Kota yang tidak terangkut oleh KRL Bekasi”, katanya.

Sementara itu, KRL lintas Bekasi mulai bergerak dari Stasiun Bekasi, Jatinegara, Manggarai, Gambir, sampai Jakarta Kota. KRL Lintas Serpong mulai berjalan dari Stasiun Parung Panjang, Serpong hingga Tanah Abang.

Untuk lintas Tangerang, KRL dari stasiun Tangerang akan mengakhiri perjalanan di Stasiun Duri. Sementara KRL dari stasiun Tanjung Priok akan melewati Kampung Bandan dan Jakarta Kota.

Dengan perubahan rute KRL, akan ada lima Stasiun di Jakarta yang menjadi stasiun transit, yakni Jatinegara, Manggarai, Tanah Abang, Duri dan Kampung Bandan. Di Stasiun transit ini, penumpang KRL bisa berganti kereta ke stasiun yang terdekat dengan tempat tujuan. (sumber: Kompas, Rabu, 26 Oktober 2011)

Advertisements

6 thoughts on “Rute KRL terbaru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s