Pisang Sahabatku


Sedikit sharing selama masa trimester kehamilan (pertama) saya. Seperti layaknya bumil-bumil lain, saya juga merasakan yang namanya mual-mual. Kalau muntah sih alhamdulillah jarang sekali, tapi perasaan ingin muntah yang sering. Saat awal-awal hamil, justru saya ga merasakan mual, saya sempet merasa penasaran, eh gimana ya rasanya ibu hamil mual. Kata Allah mungkin: “Oooh nantang ya pengen nyobain mual, oke nih dikasih”

Akhirnya di minggu ke 8 kira-kira (menginjak bulan ke-2), saya mulai ngerasain tempaan nausea ala bumil. Uniknya, saya ga merasakan morning sickness seperti pada umumnya, mual-mual yang saya alami justru datang di sore hari setelah saya pulang dari kantor dan sampai di rumah hingga malam hari. Puyeng rasanya kalau nyium aroma masakan dari restoran atau warung makan. Pengen nyumpel idung pake jeruk nipis biar baunya ga masuk ke idung.

Menginjak bulan ketiga ini, mual-mual saya di sore sampai malam hari malah lebih terasa. Terlebih setelah saya pulang dari Hongkong, di sana nafsu makan menurun drastis, udah mah ga ada makanan yg menyelera, bau-bau makanan di sana pun menyengat banget (banyak bahan makanan yang diolah dengan ‘pork’, itu baunya sangat nyengat).

Karena terserang mual, kadang saya jadi susah makan. Kalau pagi masih bisa masuk roti atau bubur, kalau siang masih bisa masuk nasi (tapi setelahnya mual), nah, kalau malem ga mau apa-apa, tapi perutnya laperrrr, huhuhu.. Kalau perut dilanda lapar tapi rasanya mual, ada satu makanan yang bisa diterima perut dengan baik dan membuat perut saya nyaman. Bahkan jauh-jauh ke Hongkong pun si pangan ini tetep saya beli (best buy food di sana adalah dia, hoho) Namanya PISANG!!

Pisang menjadi sahabat saya dalam 3 bulan ini.

Padahal sebelumnya saya bukan pencinta pisang. Suami saya sampai heran, ko demen banget sama pisang. Dalam sehari bisa 2, 3, 4 pisang saya lahap. Ajaib, pisang malah meredakan mual saya dan membuat perut saya enakan.

Kenapa pisang?

Saya jadi inget pelajaran saya waktu kuliah dulu TNM (Terapi Nutrisi Medikal) dan Farmakologi. Ternyata pisang memang baik untuk ibu hamil. Memang apa sih yang dikandung pisang sehingga dia bisa “meredakan” mual?

Ternyata pisang kaya akan vitamin B6 yang dapat meredakan asam lambung dan membantu pencernaan. Karena itulah suplemen-suplemen untuk bumil komposisinya pasti mengandung vitamin B6.

Yang kedua, pisang juga mengandung asam folat (vitamin B9). Asam folat ini mudah diserap janin melalui rahim. Dengan asam folat yang cukup, maka akan membantu pembentukan sel darah merah (eritrosit) sehingga menghindarkan bumil dari anemia. Selain itu, kandungan zat besi (Fe) pada pisang yang tinggi juga mencegah terjadinya anemia tsb.ย 

Yang ketiga, pisang ini nyaman untuk perut. Kenapa? Struktur pisang sangat lembut sehinggaย  mudah dicerna dan diserap tubuh. Pisang juga bisa mengembalikan tenaga dan mengenyangkan karenaย  pisang mengandung 3 jenis gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang penting dalam pembentukan energi. Kalori yang ada pada pisang sekitar 85-100 kalori. Cocok deh..

Masih banyak manfaat pisang lainnya. Ada kalium, magnesium, fosfor, kalsium, vitamin C, dan pro-vitamin A. Jadi ga salah kalo pisang menjadi sahabat setia saya selama trimester pertama ini. ๐Ÿ˜€

Selamat mem-banana party bumil. Sekian sharing pertama saya mengenai pregnancy, hoho.. what a big step for me (monik getoh sharing tentang hamil)

Advertisements

7 thoughts on “Pisang Sahabatku

    1. waaa.. asiiik ada yg udh positif niih? Selamat yaaa mbak pipiiii.. gmn mual2nya? hehehe.. smg ga parah ๐Ÿ˜›

  1. hehehe.. mualnya ga parah kok mon.. paling mual dikit, muntah2nya juga minimum banget.. yang ada badan lemes ga karuan.. makanya nih dirujuk ke blogmu sama si Heidy, disuruh makan pisang.. ๐Ÿ™‚ minggu lalu cuma masuk kantor sehari gara2 lemes.. ๐Ÿ˜€

    1. hoo.. gitu.. iya sih beda2 tiap org kondisinya. Aku kalo lemes malah g trlalu, mual2nya baru muncul stlh minggu ke 8, hehehe.. oya, udah minggu brp mbak pipi? smg lancar yaah,.. kalo ga mual, makan aja yg banyak, ama susu (kalo cocok) :D. asiik kita bisa sharing2 dong yaakk

  2. Hihi nyasar ke blognya teh monik, iya sama bgt nih pengalamannya
    Skr makanan favoritku pisang, roti, susu. Pisang lg roti lg susu lg.

    Wahh tnm bu ima oke punya yah

    Makasi bgt tulisannya Teh Monikk, ๐Ÿ˜Š
    Apakabar btw Teh?

    (Rahma/Nyo Fa07)

    1. Nyoooo.. waaa.. seneng bisa nyasarnya ke sini. Aku alhamdulillah sehat dan baik. Nyo apa kabaar? lagi isi-kah? udah berapa w? semoga sehat2 selalu dan lancar ya Nyoooo.. aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s