MPASI Runa (1) – Rencana


Saat-saat MPASI memang ditunggu-tunggu, kayaknya seru gitu nyiap-nyiapin makanan terus nyuapin anak. Kayak main rumah-rumahan pas waktu kecil, hehe..

Karena ingin menyiapkan MPASI yang terbaik untuk Runa, mulailah saya searching-searching berbagai sumber bagaimana memulai MPASI, menu MPASI, perlengkapan MPASI, dan lain sebagainya. Awal-awal rasanya kok rempong ya buat mulai makan aja banyak banget harus belajarnya. Yah, namanya juga ibu baru, takut ada yang salah-salah, kasihan juga anak jadi bahan percobaan.

Selain dari internet, dari grup di facebook, dan tanya kanan kiri, saya juga nyari buku yang enak buat dibaca. Teuteup ga lengkap kalo ga megang buku ga afdhol. Akhirnya saya beli buku MPASI Perdana Cihuy! dan 60 Variasi Bubur Saring Sehat, belakangan saya tambah koleksi buku MPASI saya dengan buku HomeMAde Healthy Baby Food.

Banyak variasi dalam memulai MPASI, ada yang ngikut panduan dari WHO, ada juga yang ngikutin skema food-combining (FC). Saya mah sebenernya fleksibel sih mau yang mana aja. Poin penting yang saya catat:

1. TEKSTUR

untuk awal, tekstur makanan jangan terlalu encer ataupun kental. Patokannya: sendok dimiringin, makanan tidak langsung tumpah

2. JUMLAH

Kan katanya bayi 6-9 bulan tu baru belajar makan. Sumber makanan utama tetep ASI, mangkanya makanannya pun disesuaikan dengan selera bayi, jangan dipaksa, dan ditingkatkan jumlahnya secara bertahap. Awal MPASi dumulai dengan 2-3 sdm, lanjut sampai setengah mangkuk ukuran 250 mL untuk 6-9 bulan, dan setengah mangkuk untuk  9-12 bulan.

3. VARIASI

Nah ini nih yang macem-macem pendapat.

  • Pilihan tepung beras/serealia dulu karena tingkat  alerginya rendah
  • Pilihan sayur dulu (sebelum buah) karena kalau buah duluan dikasih (rasanya manis), takutnya anak nanti jadi ga suka sayuran karena rasanya lebih hambar
  • Pilihan buah dulu karena rasanya enak dan buah mengandung gula yang mudah dicerna bayi.

Catatan: pengenalan makanan dilakukan bertahap, diberikan secara single dengan aturan tunggu 4 hari untuk melihat adanya alergi pada bayi.

Nah, tapi ada panduan terbaru dari WHO nih, katanya variasi makanan dikenalkan sejak dini: karbo, sayuran, protein nabati, protein hewani, buah. Bahkan daging merah dan kaldu diberikan saat 6,5 bulan supaya mencegah bayi kekurangan zat besi yang pada umumnya memang kurang didapatkan dari MPASI pertamanya.

Berbekal dari sana saya pun menyusun jadwal seperti ini untuk Runa

MPASI RUNA 6m+

Tanggal 19 Juli TENG Runa 6 bulan dan MPASI-nya dimulai.. tapi eh tapi.. manusia memang punya rencana tetapi Tuhan yang menentukan, mau nyusun jadwal segimanapun, tapi kalo akhirnya berbelok dari jadwal  karena satu dan lain hal ya mau bagaimana lagi..

Akhirnya saya ga strict to the rule yang saya pegang dan saya buat. Gapapa deh yang penting Runa sehat. Next, saya ceritain perjalanan MPASI Runa dalam sebulan ini 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s