PCE 2013


Sabtu kmrn sy habiskan di bandung, di itb tepatnya, spesifiknya di farmasi. HMF (Himpunan Mahasiswa Farmasi) lg ngadain acara yg rutin tiap taun digelar, PCE namanya.. Patient Counseling Event. Seminar ttg dunia kefarmasian terkini dan ada kompetisi konseling pasien utk mahasiswa&(calon)apoteker.

Danternyata, ga kerasa saya udah melalui 6x PCE selama ini..
1. Wkt tingkat 2, th 2008, pas masih cupu ga ngerti konseling apa.. Cuma ikutan seminarnya doang, dan yg parahnya yg paling remarkable dr PCE th 2008 itu adlh kejadian keracunan makanan dr nasi kotak konsumsinya >_< ย sy dan bbrp temen (bahkan peserta dari univ lain) ikut jd korban keracunan. Malu oge sih sbnrnya sbg tuan rumah ada skandal jepit ky gt.

2. Wkt tingkat 3, th 2009, pengen sih ikutan lomba konselingnya. Tp ga punya nyalii. Akhirnya ada 2 org tmn dr FKK ikut utk level beginner. Ga disangka langsung juaraa donngg.. *prok2 Kamel, proud to be ur friend*. Ini bkin kita jd makin terpacu balajar farkot-farmol dan tentunya teknik konselingnya.

4. Wkt tingkat 4-br lulus, th 2010. Hmm.. Akhirnya peminat utk ikut kompetisi PCE dr Farmasi itb (khususnya) nambah. Sy dan bbrp temen mencoba peruntungan utk ikut. Sblmnya kita diseleksi dlu dr bbrp peminat. Cobi2 berhadiah sy lolos utk yg level beginner. Ga dinyana pun peruntungan sy berlanjut smpe final. Alhamdulillah bs nyantol di peringkat 3. Senengnya seneng bgt.. sekali-kalinya menang lomba dapet piala, terakhir dapet piala pas lomba SD soalnya, hoho

5. Wkt apoteker, th 2011. Msh pengen ikutan PCE advance. Tp timingnya ga pas, krn udh keburu lulus apoteker. sempet jg nyicipin level advance, wlopun bukan di ajang PCE ITB, tp kompetisi serupa yg ngadainnya UGM (alhamdulillah msh nyantol juara 3). Nah, taun 2011 itu saya malah ditawarkan jadi juri sama panitia. Saya ikut jd juri di penyisihan beginner *teuing kekurangan juri apa yak :p*ย Wkt prtama kali jd juri, sy br aja kerja di slh satu perusahaan penerbit buku.

6. Stlh staun lulus apoteker, th 2012. Diundang lg jd juri PCE.. Wkt itu sy lg kerja di B*OM. Bnyk kenalan sama juri2 yg lain, wlopun rada minder sama beliau2 yg kompeten di Rs, klinik, dan di komunitas, tp yaa.. Ikutin aja. Sy jd juri utk 2 hari level penyisihan beginner dan semifinalnya. Peserta dr ITB udh bagus2, bisalah disamain sama juara bertahan dr Sanata Dharma Yogyakarta.

7. Taun ini, 2013, baru aja bulan nov ini. Kirain ga akan dipanggil lg jd juri. Soalnya sy lg vakum dr kegiatan2 di luaran, apalg yg berbau farmasi. Sy lg “cuti” kerja.. Tp cuti diperpanjang, hoho.. Habis lahiran Runa, sy ga balik kerja lg di B*OM. Mau ngurus anak dlu, nunggu rada gede, trus sambil liat2 kesempatan lain yg Allah kasih buat sy. Kmrn sy satu bilik dgn Mr. K, slh 1 dosen FKK. Seneng dong.. Slaen fresh diliat :p si bapak jg nyambung diajak ngobrol, Hahaha. Padahal kalo dia ngajar di kelas, saya pasti selaluuu ngantuk. Sy ngobrol banyak bgt sm si bapak. Mr. K ini baik banget, dulu sy sering bgt mintain beliau surat rekomendasi buat apply univ&beasiswa utk s2 di LN. Sampai beliau sempet benerin slide presentasi sy wkt sy lolos seleksi dokumen umcg RUG dan ikut sesi wawancara via tlp dan hrs nyiapin proposal thesis *Slide sy emg kacau*.

Hmmhh.. Intinya setiap sy pulang ke farmasi itb, ketemu temen2, adik2 mahasiswa (ciye yg tua), dosen, sejawat lainnya. Sy jd keinget lg apa2 aja yg udah sy lewatin di sana. Meskiย  mgkn saat ini sy blm di jalur yg sesuai dgn keprofesian sy. Dan selama ini sy juga lupa apa sih farmasi, farmasi klinik, komunitas, dll.. Rasanya kok dah jauh banget, ampe lupa. Tp ternyata staun itu ga lama ya, mgkn sy blm trlalu jauh keluar jalur. PCE kmrn ngingetin sy bahwa sy msh pny cita2 yg ingin sy kejer. Mr. K bilang diapun dulu entah berapa kali nyoba utk ttp berada di jalurnya dan banyak gagal. Entah pd kesempatan ke-berapa akhirnya dia berhasil, walaupun terlambat.

Yah, mudah2an farmasi ITB msh terus konsisten nyelenggarain PCE tiap taunnya. Bisa jd ladang penyemangat, bukan cm buat pesertanya, tp jg buat alumninya ๐Ÿ™‚

Cheers,

Advertisements

2 thoughts on “PCE 2013

  1. Assalamu’alaikum, Mbak Monik (eh, apa Uni aja ya?) salam kenal. Saya Ami, alumni farmasi Unand, orang Minang juga ๐Ÿ™‚
    Saya pernah ikut PCE kategori Advanced, tapi tahun 2012. Sayang kontingen (?) dari Unand nggak ada yang lolos waktu itu ๐Ÿ˜€ mungkin kurang persiapan kali ya.
    Senang deh main-main di sini, tulisannya menarik dan inspiratif.

    1. Wa’alaikumsalaam.. halo Ami, salam kenal, urang awak ma, hehe..
      Seneng bisa kenalan walaupun baru lewat dunia maya ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s