Kematian saat Tidur


“Hidup sehat itu sbnrnya mudah, tp menjalaninya dgn disiplin yg susah.”

Baru2 ini ada 2 mahasiswa ITB yg dinyatakan meninggal dunia, ditemukan di kosannya, dlm kondisi terakhirnya sedang tidur. Sebelumnya malah keduanya tidak terlihat sakit, apalagi sakit berat, dan tidak punya juga riwayat sakit jantung. Hal ini menjadi tanda tanya.. Sebenarnya kenapa bisa kejadian seperti itu? Terlepas dari jawaban: hal itu sudah jadi takdir dan sudah waktunya Allah memanggilnya, sehingga kematian tidak dapat dihindari, tentunya ada alasan medis dari penyebab meninggalnya mahasiswa tsb.

Saya jadi ingat cerita suami saya waktu dia masih kuliah di Yogya, hampir2 mirip dengan kasus mahasiswa Biologi kmrn yg katanya saat tidur sudah cukup lama, teman kosnya mencoba membangunkannya, tapi ia tidak bereaksi, nadinya masih terasa, namun lemah. Jadi di kosan suami dulu itu teman kosannya pernah mengalami seperti itu. Waktu itu hari libur, sudah zuhur, biasanya mereka suka bareng2 ke mesjid. Si Fulan blm nongol, diketok2 pintu kamarnya ga ada jawaban, ah kayanya tidur. Saat ashar pun demikian. Sampai saat magrib, cowo2 ini ngerasa ada yg ga beres. Si jendela kamar Fulan disingkap, terlihat kalau dia sedang tidur terlentang, dadanya masih naik turun layaknya org tidur masih napas. Pintu kamar dikunci, jadi mereka ga bs masuk. Segala macam cara dicoba untuk ngebangunin Fulan, dari mulai diteriakin, sampai disodok2 pake batang kayu (dari jendela),.tapi Fulan tidak bergeming. Mendobrak pintu sulit juga, akhirnya kaca kaso jendela kamarnya dicopot, salah satu dari mereka masuk lewat jendela dan ngebuka pintu dr dalem. Bapak kos sambil segera nyiapin mobil utk bawa Fulan ke RS. Di kamar Si Fulan digoncang2, ditabok2, berusaha dibangunin, tapi tetep ga ada reaksi, padahal denyut ada napas pun masih ada, terlihat mukanya pucat. Akhirnya Fulan digotong ke mobil dan segera dibawa ke RS. Dokter yang menerima mereka tampak tenang. Tau gak apa yg dokter itu lakuin untuk ngebangunin si Fulan?

Ya bukan disiram aer lah, emang Si Kabayan, bukan juga dengan disiram aer keras apalagi bensin (mo bangunin apa mo ngebunuh ini teh?).
Yap bener, si dokter memencet kedua tangan Fulan di bagian antara jari jempol dan telunjuknya. *cobain deh, nyeri lho*. Kontan si Fulan langsung terlonjak sadar, kayak kaget gitu, kalo dibayangin mah kaya adegannya di film2 pas ada arwah keluar dr tubuh gt *apa seh?*Setelah itu dia langsung diminumin teh manis anget, diinfus, dirawatlah dgn benar. Alhamdulillah bebebrapa hari kemudian sudah sehat lg.

Tau ga kenapa dia bs gitu? Jadi si Fulan ini semaleman begadang, belom makan, sampai pagi belom diisi juga tu perutnya. Pagi2 dia ketiduran.. Jadiii.. Si Fulan itu ketiduran dr pagi sampe magrib dong.. Dia bilang dia ga sadar, rada sadar pas udh digotong2 gitu, dia pengen bangun, tapi ga punya tenaga bahkan untuk buka mata. Pernah ngerasain ereup2 atau katindiheun? Meren gitu kali rasanya.. Bisa ngerasain situasi di sekitar, tapi setengah2. Pengen bangun tapi ga bisa, rasanya udh teriak2 minta tolong supaya dibangunin tapi suara ga keluar dan org sekitar ga tau kita lagi teriak. Pas bangun pun kayak kaget dan terengah2 gitu.. Pokonya ga enak deh. Kalau saja Si Fulan tidak “dibangunkan” secepatnya, bisa2 dia lewat, Naudzubillah, padahal dia udh tidur atau mungkin pingsan dari pagi sampe magrib! *terlepas dari alasan memang blm waktunya dia dipanggil*

Nah, dilihat dari fakta2 ttg aktivitas si Fulan dan mungkin 2 mahasiswa lainnya yg meninggal sat tidur. Mungkin.. penyebab meninggalnya alm&almrmh tsb adalah terjadinya kondisi hipoglikemia saat kondisi tidur.

Apa itu hipoglikemia?
Hipoglikemia adalah keadaan di mana kadar gula darah atau glukosa cenderung rendah. Dalam keadaan normal, tubuh mempertahankan kadar gula darah antara 70-110 mg;/dL. Kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan berbagai gangguan fungsi tubuh, termasuk otak, karena otak adalah organ tubuh yang paling peka saat terjadi hipoglikemia. Jika kadar gula darah menurun dengan abnormal, maka dapat terjadi gangguan otak, bahkan bisa sampai pingsan.

nb: inget kan kalo dulu pas jaman sekolah lagi upacara bendera, eeh ada yang pengsan tiba2, itu pasti dia belom sarapan, terus dia harus berdiri lama pas upacara, mangkanya terjadi hipoglikemi dan pengsaan deh..

Nah lagi, kebanyakan mahasiswa nih hobi begadang, apalagi kalau banyak tugas dan musim ujian, Sistem Sangkuriang langsung berlaku (semalem beres,-red). Selain itu kalau sudah kelelahan ini mahasiswa langsung milih tidur, lupa kalo tubuhnya perlu makanan, perlu bensin, perlu asupan gula.

Seperti keterangan di atas, saat tubuh kurang gula, hal mungkin terjadi adalah pingsan. Bahayanya kalau keadaan pingsan ini terjadi pada saat tidur, tentu akan berlangsung lama. Namanya juga org pingsan ga bs bangun olangan kan. Ketika  kondisi kekurangan gula ini berlangsung lama, maka lama kelamaan akan terjadi kerusakan otak dan sistem saraf  dan akhirnya mencapai level kematian. Naudzubillah…

Tambahan, saya juga jadi inget mengenai terapi diabetes. Obat diabetes kan tidak boleh dikonsumsi malam hari sebelum tidur, kenapa? Karena kerja obat tsb kan utk menurunkan gula darah. Kalau pada saat tidur gula darah kita turun drastis, ya hal di atas itu bisa terjadi juga. Namanya hipoglikemia nokturnal (glukosa darah yang rendah di malam hari)

Poin pentingnya yg mau saya share adalah:
1. Makan yg teratur dan tentunya makanannya harus sehat. Jangan tahan2 laper deh.. Mahasiswa yg mo ngirit boleh, yg ga boleh itu ga makan sama sekali. Kalo perlu ngutang dulu kek buat makan. Mahasiswa diet ga perlu, yg perlu diet tuh saya (lhoo?)
2. Kalau udh kecapean dan ngantuk, usahakannn jangan langsung tidur sebelum makan!
3. Begadang jangan begadang kalau tiada artinya. Begadang boleh saja kalau ada perlunya.. *eta mah Oma Irama atuh cuy*. Begadang sok aja, jadi Sangkuriang yg mo ngapalin bahan ujian dalam semalem sok aja, yang ga bole itu begadang tapi ga ada asupanya.. Dan jgn sering2 juga sih. Ga sehat ngerapel tidur tu, ga sehat juga buat nilai ujian ntar, hehe.
4. Saling menjaga antar teman di kosan atau di mana aja. Kalau temennya ga kliatan batang idungnya dari pagi, ngendon terus di kamar, hrs dicurigai, dia lg pingsan apa lg bertelor. Pokonya harus peduli-lah sesama kawan.
5. Tindakan cepat saat terjadi pingsan-hipoglikemia, bisa dicontoh juga dari dokter yang saya ceritain di atas. Tekan/cubit kedua tangan di bagian antara jari jempol dan jari telunjuk dengan keras. Ya gak dicobain ke temen skrg juga sih, ada juga mah bikin gondok temen. Habis itu langsung harus cepet diasup dengan teh manis hangat.

Hmmhh.. Emang kan kaya yg gampang ngejalanin hidup sehat: makan-tidur-olahraga teratur. Tapi begitu beneran dijalanin pasti aya wae excuse-nya. No excuse for healty life style! *ngomong sama tangan*

Segitu aja sharingnya hari ini, smg bermanfaat, dan bisa mencegah kejadian sperti ini berikutnya. Aamiin

Advertisements

4 thoughts on “Kematian saat Tidur

  1. Kemarin saya habis donor darah, terus saya merasa agak lelah begitu, kemudian saya tertidur setengah jam di kamar temen saya, trus saya balik ke kamar sndri nglanjutin tdur , tau tau rasanya kaya katindiheun begitu, tapi mau bangun rasanyavga kuat trus abis itu saya bisa setengah sadar lagi dan bisa gerak tp saat pindah posisi begitu lagi, biasanya kalau habis katindiheun kan bisa bangun, ini rasanya badan lemeeeeeees bgt awalnya jam 4 smpe jam stngah 6 baru benar benar bangun, apakah itu hampir serupa sama yg di atas??

    • Bisa jadi mbak.. krn risiko kan donor darah pusing dan lemas, apalagi kalau blm sarapan atau setelahnya kurang nutrisi yg masuk.
      Sebaiknya kalau lain kali donor darah, sarapan yg cukup dulu mbak, lalu makan makanan yg kaya nutrisi kayak ayam, telur, daging, sayur hijau dan buah-buahan untuk mengembalikan stamina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s