Goodbye Dear Sir..


Ironis. Baru kemaren ngepost tentang kematian saat tidur yang dialami mahasiswa ITB, Minggu 29 Des 2013 ini dapet kabar duka dari Farmasi ITB. Dosen tercinta kami, Bapak Joseph I. Sigit dipanggil menghadapNya, saat tidur. Berita yang saya dapat, Minggu pagi beliau sudah gak ada, pas dibangunkan sudah gak bisa, katanya serangan jantung.

Berita duka ini bener-bener bikin shock, tiba-tiba banget, gak ada yang menyangka karena Alm. sebelum2nya masih sehat dan gak ada tanda-tanda sakit. Beliau memang berperawakan gemuk dan beliau sendiri yang sering bilang (sambil nada bercanda) pas lagi kuliah: “Orang kayak saya ini yang kadar trigliserida-nya tinggi”. Yap, beliau mengajar Farmakologi, khususnya tentang jantung, dengan patologi utama yang berkaitan itu hiperkolesterol dan hipertensi. Berulang-ulang beliau selalu menekankan tentang kolesterol tinggi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, dan kalau terjadi di pembuluh darah jantung… , begitulah.

Hmmmph.. masih belum pengen rasanya beliau pergi. It’s too sooner.. Tapi Allah pasti punya rencana lain, dan manusia hanya punya sedikit pengetahuan tentang itu.

Beliau bisa dikatakan sebagai tonggak adanya FKK. Bapak Kami di farmasi selama 3 tahun di prodi, dan 1 tahun di apoteker. Kami adalah 34 anak-anak sulungnya, yang beliau antarkan sampai bisa lulus jadi angkatan FKK pertama. Pak Sigit ga pernah capek menyemangati kami kalo kami sedang down dan resah karena merasa jadi anak tiri di farmasi, gak pernah putus asa mengangkat kami kembali saat kami merasa bingung dengan identitas FKK kami yang masih baru, dan Bapak selalu mengisi darah kami dengan semangat kefarmasi-klinik-an-nya, membuat kami ga merasa minder lagi. Kami adalah perintis, dan seharusnya kami merasa bangga akan itu. Sampai akhirnya kami semua lulus, dan jadi juga akreditasi FKK 🙂

Bukan cuma itu… Menurut saya, dan (kayaknya) banyak mahasiswa farmasi lainnya, Pak Sigit ini adalah dosen yang lengkap. Jarang nemu dosen yang bisa mengajar seBAIK Pak Sigit, yah you know-lah kadang kan dosen pinter buat dirinya sendiri. Tapi beliau beda, Bapak adalah satu di antara 1000. Bahkan kalau saya (kelak) jadi dosen (aamiin), role model saya yang utama adalah beliau. Kalau ngajar bahasanya santai, ngomongnya santai, tapi masuk slep slep slep gitu ke otak, sambil nyatet pun masih keburu-lah. Saya ini tukang ngantuk di kelas, sering banget ketiduran. Yang saya inget, saya ga pernah ngantuk pas kuliah itu cuma di kelasnya 2 dosen farmasi: satu, ya Pak Sigit. Gimana bisa ngantuk kalau beliau asik2 jos ngajarnya? dan kalau ngantuk tu rugi banget rasanya kehilangan materi2 penting yang ga hanya bisa didapat dari slide doang. Yang kedua kelasnya Madam, saya ga pernah ngantuk karena takut disemprot, hahaha.. Kalo ngantuk pun saya bela2in mata saya sumpel pake cengek deh. Beliau sebenernya ngajarnya juga bagus (materi jd gampang dicerna), tapi ga pake asik2 jos, orangnya TEGAS BGT, ada di kelas beliau tu kaya naik halilintar gitu deh, tatuutt ditunjuk, takut salah jawab, pokone keringet dingin.

Hmmpphh lagi… Bapak.

Saya belum sempet, Pak, bikin Bapak bangga, juga ngebales jasa2 Bapak.. Belum sempet juga mewujudkan janji saya dulu waktu bolak-balik minta surat rekomendasi ke Bapak, Bapak udah pergi.. Walaupun saya dulu kadang juga pernah bete sama Bapak karena ngerasa Bapak sensimen sama saya, saya jadi shu’udzon.. Padahal mah yaa.. sayanya aja yang odong2, dan tentu beliau tau-lah yang terbaik.

Kita semua kehilangan bangeeeeet. FKK bukan FKK tanpa Bapak. Kami akan tetap jadi anak Sulung Bapak yang manja dan merepotkan, huhuhu… Semoga banyak penerus Bapak nantinya, aamiin..

May rest in peace dear pak sigit, our best teacher ever. He was such a great teacher&father. We learned a lot from him. He will live in our memories forever. Fkkers06 can stand as ‘FKK’ bcos of his fight&faith.. And we’ll not be the same without him.. You’ll be very missed

fkk 2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s