Cerita Apartment (2) Sebut saja Namanya Sara


Selama tinggal di apartment CP ini, banyak juga belajar jadi ibu yang baik. Ga cuma dari Stay at Home Mom yang tinggal di sini, tapi juga dari bibik/pengasuh/pembantu yang juga megang anak majikannya. Eh banyak juga kali yang di sini pake jasa pengasuh. Daku sendiri ga kebayang kalo di unit dengan 2 kamar minimalis ini masih ada space buat orang lain, lha kita betiga aja udah penuh.. Apalagi kalau ditambah yang bantu-bantu di apato, berasa ga bebas juga jadinya.. Lain halnya sih kalo memang udah keadaan, dua-duanya kerja, ya jadi mao ga mao harus punya pengasuh yang “megang” anaknya di rumah.

Sebut saja namanya Sara. Dia salah satu anak yang paling gede di antara genggongnya Runa (liaat Runa kecil-kecil aja udah ada geng doongg).  Umurnya 2,5 tahun mau 3 taun.. Setiap hari jam 7 pagi dia pasti udah stand by di taman bawah sama Mbaknya, Mbak Yayu -sebut saja-. Sara dan Mbak Yayu tuh kaya pembuka gerbang gitu. Kalo liat mereka udah di bawah, pasti mbak-mbak atau ibu-ibu yang lain baru nyusul ke bawah. Sara dan Mbak-nya ini juga yang ke atas paling siang. Jadi jam 7 tu Sara sarapan disuapin Mbaknya, sambil main, sampaaaai jam setengah 11 (paling lama) baru makanannya habis. Makannya diemut gitu soalnya. Sorenya pun kalau cuacanya bagus Sara pasti turun, daaan kita-kita pun jadi ikut betah nongkrong di taman.

Sara ini anaknya lembut dan penyayang, apalagi sama anak-anak yang lebih kecil, dia tu kayak sosok kakak buat yang lain, bahkan buat Runa. Sara ga pernah pelit sama mainannya, dia pasti mau minjemin dan ga suka ngerebut mainan anak lain. Padahal taulah ya anak kecil tu rasa memilikinya akan sesuatu masih sangat tinggi dan kadang gamau berbagi. Saya sering muji Sara, waah Sara baik ya.. sayang sama adik-adiknya. Tapi kata Mbak Yayu, Sara ini tiap di atas (di unit) manjanya minta ampun, suka rewel dan banyak maunya, apalagi kalau ada mamanya, pasti dia ogoo banget. Ah masa siih? Saya rada ga percaya juga.

Emang jarang banget liat Mamanya Sara.  Bahkan mukanya aja saya ga tau. Kata Mbak Yayu, mamanya kerjanya sibuk. Saya jadi mikir, apa mungkin Sara rewel karena minta perhatian mamanya? Bahkan sampai umur mau 3 taun ini Sara masih suka “ngempeng” ke mamanya, tentah kompensasi ingin dekat mamanya atau gimana. Suatu waktu sore hari, kita-kita se-genggong lagi main di lobi, Mamanya Sara baru pulang. Alih-alih menggendong dan menyapa Sara dengan happy, mamanya langsung menuju ke lift dan naik ke atas. Sara langsung ngekor mamanya di belakang. Entah bagaimana selanjutnya, Sara dan Mbaknya akhirnya turun lagi, Sara nangis dan merajuk.. Saya jadi iba. Kata Mbak Yayu, mamanya capek, mau istirahat dulu dan Sara disuruh main lagi di bawah. Saya ga ngerti sih keadaannya gimana. Tapi ngerasa sedih juga ya.. Sebagai anak, tentunya dia ga ngerti mamanya capek karena baru pulang kerja, padahal dia cuma mau main atau bercanda sama mamanya. Sebagai orang tua, ya mungkin memang harus punya stok sabar dan staminan yang banyak demi kenyamanan anak. Saya belajar dari situ. Someday kalau saya punya kegiatan apapun, dan saya lelah setelah berkegiatan, setidaknya saya harus bisa menyimpan kelelahan tersebut dari anak. Masa anak mau dikasih sisa stamina yang kita punya sih?

Sara pindah ke Depok. Katanya ke tempat neneknya, Mbak Yayu resign, katanya mau nikah.. Sara gak ada yang ngurus akhirnya diasuh neneknya. Sejak ga ada Sara dan Mbak Yayu, taman apartment jadi sepi. Orang-orang jadi males turun pagi-pagi karena ga ada yang “membuka” gerbang. Kadang ada yang turun jam 8, ada yang jam 9. Sore hari pun begitu.. Kita jadi kehilangan “kuncen”, ga ada lagi Si Penjaga Gawang Tamannya.

Miss you.. Semoga Sara jadi anak baik 🙂 Semoga kita jadi orang tua yang baik, sesibuk apapun kita

 

Advertisements

One thought on “Cerita Apartment (2) Sebut saja Namanya Sara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s