Terima Kasih Bapak AT. Mahmud


Runa seneng banget sama lagu dan musik. Dari sejak masih seumur jangung sampai (ga terasa) sekarang mau 2 tahun Runa sering didendangkan lagu-lagu sambil dininabobo, dicupcup kalo lagi nangis, atau dinyanyiin sambil diajak main.. Entah itu sama Anin-nya dan Uti-nya (nenek), sama Oma-omanya (adik-adiknya mama), sama Mimo-nya (Umi Morin), dan tentu saja sama Bundanya hehe.. Walaupun suara Bundanya bisa dibilang sebelas dua belas-lah sama Raisa, Runa tetep seneng dinyanyiin Bundanya :9.

Tentunya lagu-lagu yang dinyanyiin lagu anak dong (Menurut loowh? Runa mau dinyanyiin lagunya Bang Oma?). Saya jadi nostalgia lagi sama masa kecil saya. Mama dari dulu memang suka nyanyiin macem-macem lagu anak populer Indonesia. Sampai sekarang masih banyak lagu yang saya ingat dan hafal. Mungkin karena lagunya sederhana dan liriknya ringan..Β  Dan itu tuh “anak2” banggeed. Sangat mencerminkan dunia anak. Ga kayak sekarang lagu anak isinya cinta-cintaan.. “Kau bidadari.. jatuh dari surga..” Walaupun tidak dapat dipungkiri emak-emak pun suka sama Iqbalnya lagunya Coboy Junior. Gak cocoklah untuk anak-anak lagu-lagu cem gitu

Miris saya jadinya. Kemarin saya dan Runa youtubing bareng liat klip dan lagu anak Indonesia yang sering saya nyanyiin. Sekalian ngeliat liriknya yang bener apa, soalnya kadang saya inget awal-awalnya belakangnya saya ngarang sendiri.

Ternyata setelah saya dan Runa yutubing. Kebanyakan lagu anak yang saya (dan Runa) suka nyanyiin diciptakan oleh Bapak AT. Mahmud. Dan begitu saya dalami lagi lirik dan nadanya (tsaah kayak yg ngerti musik aja sih monik) terasa indah… Seindah dunia anak-anak. Beberapa lagu itu adalah: Awan (Seputih kapas), Balonku, Ambilkan Bulan Bu, Bintang Kejora, Pelangi, Ruri Abangku, Paman Datang, dll..

Beberapa lagu ada yang familiar di telinga saya, tetapi saya lupa liriknya. Saya ingat Runa pernah dinyanyiin lagu Pemandangan sama Anin-nya Runa; lagu Amelia pernah dinyanyikan sama Oma Lolly; dan Bulan Sabit pernah dinyanyikan sama Uti-nya. Kesemua lagu itu juga ciptaan Bapak A.T Mahmud. Uwow kaan?

Begitu saya melakukan studi pustaka lebih lanjut, banyak lagu anak-anak yang juga diciptakan oleh Ibu Sud, seperti Burung Kutilang, Kupu-kupu, dan Tik-tik-tik Bunyi Hujan. Juga beberapa lagu terkenal seperti Bangun Tidur ku terus mandi dan, Naik Delman-nya Pak Kasur. Tapi banyak juga lagu-lagu anak-anak yang masih tidak diketahui nama pencipta maupun status hak ciptanya, seperti Burung Kakak Tua (Dari dulu sampe sekarang saya cuma bisa main not lagu ini aja), Cicak di Dinding (Ini katanya paling favorit, tiap anak pasti starternya lagu ini, haaha), Kasih Ibu, Naik Becak, Layang-Layang, dll.

Sampai saat ini Runa udah bisa nyanyi Cicak di Dinding, Balonku, Ruri Abangku, Burung Kakak Tua, Topi Saya Bundar, dan Kasih (Ibu) Bunda. Note buat bundanya Runa: Juga diajarin dan dibiasain bacaan sholat dan Al-Qur’an juga, biar pinter kayak Mas Ibrahim sepupunya Runa, hihi, semoga Runa jadi anak solehah!

Oiya Cig, coba googling satu-satu, saya yakin pasti kamu semua (yang seangkatan saya), ataupun seangkatan Mama saya pasti gak asing dengan lagu-lagu tersebut. Lagu-lagu anak bercerita tentang kehidupan sehari-hari, hal-hal simple tapi menarik (untuk anak), nadanya juga sederhana, hal itu yang bikin lagu anak-anak jadi mudah diingat dan ABADI.

Semoga lagu-lagu tersebut tetap abadi. Ayo ibu-ibu kita nyanyiin lagu-lagu itu yuk buat anak.. πŸ™‚

Terima kasih Pak A.T Mahmud atas lagu-lagu ciptaanmu yang menginspirasi. Oiya semoga akan ada Bapak A.T Mahmud lainnya di generasi kemudian biar ada update lagu anak juga. Apa perlu saya alih profesi jadi pencipta lagu anak? (beuh).

nb: btw tau ga singkatan A.T dari nama Bapak A.T Mahmud itu apa? Abdullah Totong

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s