Trip to Volendam (checked)


Liburan Natal dan tahun baru ini saya dan keluarga ga neko-neko mau jalan-jalan jauh ke manaa gituuuu. Pengennya sih Euro Trip, tapi kondisi kurang memungkinkan. Suami dapet jatah libur ga terlalu lama dan lagi dingin banget juga, asa mager (males gerak). Lagipula adek yang tinggal di Troyes berkunjung ke Groningen. Ya sudah akhirnya kami memutuskan jalan-jalannya seputaran Belanda aja. *Padahal ngiri sama yang jalan-jalan ke Itali, Maroko, sampe ada yang ke Oslo*. Yah namanya udah berkeluarga semua serba menyesuaikan.

Kamipun memutuskan salah satu tempat yang wajib dikunjungi, yaitu Volendam. Volendam terletak di harbor dekat Edam. Untuk mencapai Volendam kita naik kereta dari Groningen ke Amsterdam. Perjalanan dari Groningen ke Amsterdam Central kira-kira sekitar 2 jam. Kalau mau puas jalan-jalan di Volendam dan sekitarnya, enakan berangkat pagi, jadi sesiangan sampai sore bisa santai jalan-jalan dan foto-fotonya. Kami berangkat naik kereta jam 8.45 dan sampai Amsterdam Central sekitar jam 11.

Dari Amsterdam Central lanjut naik bus nomor. Bisa beli dagkaart (tiket seharian) seharga 10 Euro. Itu udah bisa naik bus ke arah Edam, Volendam, dan sekitarnya, juga bisa untuk naik kapal juga. Kalau beli tiket di busnya sekali jalan 7 euro, jadi ya worth lah beli dagkaart. Tapi karena kayanya ga akan banyak muter-muter pake bus, jadi saya pake OV-Chipkart aja, kenanya sekitar 3,9 euro sekali jalan.

VolendamPhoto credit for Hegar Pramastya

Sampai di sana kita langsung foto-foto, Alhamdulillahnya lagi cerah dan di sana ga terlalu padat sama turis. Tapi kayanya di Volendam ini paling banyak turis Indonesia deh, di mana-mana ada orang Indonesia, jadi berasa lagi liburan di Ancol, hehe..

VolendamPhoto credit for Hegar Pramastya

Volendam itu surganya beli oleh-oleh khas Belanda, mulai dari keramik-keramik Blue Delft, pajangan kincir angin, gelas, magnet kulkas, gantungan kunci, sepatu kayu khas Belanda, kaos, tas, dan banyaaaaak lagi. Puaslah pokoknya. Saya ga terlalu banyak belanja (da mikirnya nanti mau ke sana lagi, terutama kalo udah mau pulkam). Di sana juga ada Cheese Factory, di mana semua jenis keju dijual di sana. Dari keju muda sampai keju tua, goat cheese sampai curry cheese. Kita bisa nyicipin gratis pula, hehe.. Katanya sih penduduk Belanda itu sekitar 16 juta jiwa dan jumlah sapi di Belanda itu 18 juta, jadi satu orang tu “punya satu sapi” untuk memenuhi kebutuhan produk sapi-nya seperti susu dan keju. Kira-kira mereka mengonsumsi 15 kg keju setahunnya (wooww bangged yaaa).

DSC07199Photo credit for Hegar Pramastya
DSC07198Photo credit for Hegar Pramastya

Oiya, saya sarankan kalo pas dateng ke Volendam langsung cari tempat foto yang pake baju khas Belanda jangan pas pulang baru mau foto. Selain muka masih seger, nanti kalau makin siang makin penuh, dan lagi nanti harus nunggu setengah jam sampai fotonya jadi. Sambil nunggu fotonya jadi kan kita bisa belanja dan jalan-jalan dulu. Pilih aja tempat foto yang khusus melayani foto, karena (kerasanya sih) lebih profesional, hehe.. Dikirain ribet make baju dan sebagainya, ternyata orangnya cekatan banget makein bajunya, bahkan buat Runa juga cepet.

VolendamIni foto keluarga kami di Volendam 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Trip to Volendam (checked)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s