About MSc. Medical Pharmaceutical Sciences


Beberapa teman dan kenalan yang mengetahui kalau saya lanjut kuliah S2 Farmasi di University of Groningen mengontak saya dan bertanya: Monik kuliah farmasi apa di sana? Cakupannya apa saja? Mata kuliahnya apa saja? Researchnya seperti apa? Nyambung tidak dengan pekerjaan atau latar belakang saya sebelumnya?

Saya senang bisa bantu menjawab rasa penasaran teman-teman sekalian. Oleh karena itu saya juga akan rangkumkan garis besar si jurusan S2 yang saya tempuh sekarang ini. Walaupun memang di website RuG sudah cukup lengkap, mungkin penjelasan saya akan membantu.

1. Jurusan apa aja sih yang bisa apply untuk MSc Medical Pharmaceutical Sciences (MPS) ?

In sya Allah background bachelor yang berlatar belakang farmasi sangat terbuka chance-nya untuk apply MPS. Tapi ternyata ga cuma farmasi, related research fields yang berhubungan dengan molecular and cellular biology, kimia organik, biokmia, juga bisa kok.

2. Intinya si MPS ini mengarah ke mana sih?

MPS ini fokus pada studi patofisiologi dan intervensi obat. Cakupan programnya cukup luas, jadi mulai dari mempelajari penyakit, sampai drug development, dari mulai basic farmasetik, farmakologi molekular, analisis farmasi, toksikologi, farmasi klinik, farmakoterapi, sampai studi post marketing surveillance. Tapi kita ga akan mempelajari semuanya secara dalam. Kita cukup memilih akan berfokus pada bidang yang mana, terutama untuk research.

3. Emang belajar apa aja sih di MPS?

Penasaran sama course-coursenya apa. Bisa dicek di link berikut ini http://www.rug.nl/ocasys/rug/vak/showpos?opleiding=4550. Jadi dalam 2 tahun, students diminta untuk menyelesaikan 120 ECTS (kalo di kita mah SKS-lah). 1 ECTS setara dengan 28 hours per credit unit. 120 ECTS itu terdiri dari: 30 ECTS research 1, 40 ECTS reseacrh 2, 5 ECTS essay, 5 ECTS colloqium, dan 60 ECTS course. Rata-rata course-nya 5 ECTS. Researchnya dilakukan 2 kali, jadi kira-kira tahun pertama dari bulan Sept-Des kita ambil course2. Kemudian dari Januari-Juni kita research. Lalu awal tahun kedua ambil course lagi dan research lagi, (tapi research kedua lebih panjang waktunya dari research 1). Essay bisa dilakukan setelah research 1 atau 2. Colloquim biasanya setelah research 2. Nah, topik untuk research 1 dan 2, essay, serta colloqium harus berbeda. Jadi kita ambil penelitian dan studi di departemen yang berbeda-beda, tapi.. tergantung dengan track yang kita pilih.

4. Track itu apa sih? di Webnya tertulis ada 4 track?

Track itu spesialisasi yang akan kita ambil, bisa cek di sini http://www.rug.nl/masters/medical-pharmaceutical-sciences/programme. Jadi yang pertama ada science, business and policy track, mata kuliahnya ada yang nyangkut tentang perbisnisan, saya ga terlalu tahu banyak sih tentang yang ini. Yang kedua toxicology and drug disposition. Track ini berfokus pada toksikologi obat dan farmasetiknya. Yang ketiga adalah pharmacoepidemiology (ini track yang saya ambil). Track ini mencakup farmakoterapi, farmakovigilans, dan epidemilogy database research, menurut saya ini sih FKK banggeuud, sesuailah dengan S1 saya di ITB.  Atau bisa juga mengambil free track. Jadi kita bebas mau menentukan research kita akan di departmen mana. Untuk 3 track di atas, ada beberapa mata kuliah yang wajib kita ambil, dan research kita juga harus di departemen yang berhubungan, kalau free track bebaaas.. Enaknya di sini tu, kita jadi mandiri, mau menentukan langkah kita seperti apa.. Jadi kita harus pinter-pinter mengatur jadwal sendiri dan menentukan course apa saja yang akan kita ambil.

5. Bagaimana Menentukan research kita?

Nah ini juga membutuhkan kemandirian kita. Jadi ga ada tuh kita diarah-arahin mau ke mana, harus ini dan itu. Semuanya atas dasar inisiatif sendiri. Jadi kita punya study mentor (untuk masing-masing track). Kita akan mengisi form bahwa mau ambil course ini itu dan research tentang apa. Nanti study mentor akan meng-approve form tsb. Dan form tsb akan direview oleh Board Examiners, bahwa kita bisa ga untuk lanjut dengan rencana kita. Ancang-ancang juga pada saat sedang menjalani course, kita udah nanya ke study mentor. Sir, saya mau tertarik research mengenai penggunaan obat pada pregnancy and children selain itu saya juga tertarik dengan imunologi. Saya harus kontak ke siapa nih? Beliau nanti akan menyarankan kita untuk mengontak profesor yang in charge di bidangnya. Kalau prof-nya ok, kita buat janji ketemuan, ngomongin research apa yang possible untuk dikerjakan dll…

6. Bagaimana cara applynya?

Nih langsung intip ini aja yaah http://www.rug.nl/masters/medical-pharmaceutical-sciences/admission-and-application. Apply S2 di RuG menurut saya ga terlalu rumit, websitenya user friendly, semua prosedurnya bisa kita ikuin asal dibaca we pelan-pelan dan dihayati.

7. Kampusnya di mana?

Jadi University of Groningen itu kan ada banyak fakultas. Ga kayak ITB yang semuanya numplek di Jalan Ganesa (eh engga ya udah ada cabang di Jatinangor?), fakultas2 di RuG tersebar di beberapa spot Groningen. Nah, fakultas farmasi berada di komplek UMCG (University Medical Center Groningen), jadi semua ilmu-ilmu yang menyangkut dengan bidang kesehatan, seperti kedokteran, keperawatan, biomedik, neuroscience, public health, dll semuanya ada di komplek tsb barengan sama rumah sakit juga. Bagusnya jadi semuanya itu lebih terintegrasi-lah. Jadi kita ga barengan nih sama anak2 teknik, MIPA, ekonomi, hukum, dll.. yg tersebar di wilayah kampus Zernike atau Harmony.

Hmm.. apalagi yaa? nanti saya tambahin deh, berhubung saya juga masih di tahun pertama dan masih meraba-raba pada awal research, tapi sekarang udah lumayan terbiasalah.. Intinya S2 di sini harus mandiri dan pro aktif.

So, buat yang berminat lanjut di MPS RuG manggaa.. ditungguu.. *saya bukan duta RuG yaa*

Fakultas farmasi RUG - UMCGFakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, dan Medical Sciences

Runa saat menemani Bunda ke kampusRuna saat menemani Bunda ke kampus

Runa saat menemani Bunda ke kampusRuna saat menemani Bunda ke kampus

Advertisements

One thought on “About MSc. Medical Pharmaceutical Sciences

  1. Pingback: Tentang Seleksi Beasiswa LPDP | time capsule

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s