One Day Trip to Glasgow


Jadi salah satu trip kami di Skotland adalah ke Glasgow. Sebenernya gatau juga ada apa yang bagus di kota ini. Tapi berhubung Glasgow cuma sejam perjalanan dari Edinburgh dan kami juga punya sahabat yang tinggal di sana jadi ya kami jabanin juga deh main ke Glasgow. Yangi (sahabat yang mengundang saya ke Glasgow) sudah menyiapkan tiket PP dari Edin ke Glasgow. Katanya sih sehari aja cukup sih muterin Glasgow mah. Oke deh, jadi kami berangkat jam 10 dari Edinburgh bus station dan sampai jam 11. Sampai sana langsung diajak ke spot utama Glasgow, eh ternyata spot tourism utamanya si universitasnya, oalaah.. Tadinya bingung juga emang segimana banget sih univ-nya kok sampai populer buat tourism. Bahkan katanya dulu Harpot mau syuting di sana juga, tapi ga jadi kan.. karena kampus ga setuju, bisi ganggu aktivitas akademik meureun.

image
Tampak depan Glasgow University. Bolehlah… Ga semua perkuliahan juga sih dilangsungkan di sini.Jadi tetep ada cabang Univ Glasgow di bagian lain, kayak Yangi di RS malah kuliahnya. Biasanya ini dipake buat wisuda, sidang, dll Spot ini kaya Academic Gebouw di Groningen-lah.. Tapi jauhlah sama RuG mah.

image
Yang ini pagar depannya univ. Ternyata diukir nama-nama alumni Glasgow yang beken, cem Adam Smith (oohh itu toh yang ngomong tentang teori ekonomi, ternyata lulusan Glasgow), bahkan ada Adam Smith Business School kheuseus dibuat di sana.. Nama liinnya yang terkenal ada James Watt, Kelvin (kenal ga hayo?), Campbell (Ini terkenal sama anak Biologi, dulu pake buku Campbell soalnya, hehe.. Anak farmasi ga beli, ngopi aja bukunya).
image
Tampak dalam Glasgow University, emang wow sih, antik banget gedungnya, kayak kastil. Pas kita ke sana lagi ada yang ujian dong, ih ga jiper apa tu mahasiswa ujian di ruangan guede cem kastil, heuheu.

Habis puas muterin univ, Pak Suami bahkan sempet solat Jum’at juga deket kampus, kami diajak jalan lagi sama Yangi, akhirnya sampai di Kelvingrove Art Gallery and Museum. Memang luar biasa ya orang sana, anak-anak tu difasilitasi untuk jadi suka berkunjung ke museum. Tetep yang populer dari museum adalah dino, hehe.

image
Ah iya ini sebenarnya gerbang belakang dari si museum, cuma katanya gerbang belakangnya ini lebih mewah dan lebih bagus daripada pintu depannya (mangkanya kita fotonya di sini juga). Jadi si desain gerbang depan dan belakangnya itu salah kaprah, harusnya yang depan lebih mewah malah kebalikannya. Gara-gara itu masa yang mendesainnya merasa gagal dan bunuh diri (Yang terakhir ini patut dipertanyakan kebenarannya, ga tahu apa Yangi kebanyakan nelen jurnal jadi berkhayal kaya gitu).
image
Floating Heads installation karya Sophie Cave. Salah satu ikon menarik dari museum ini yang bisa langsung dilihat ketika kita masuk ke museum. Ada sekitar 50 kepala yang “mengambang” dan masing-masing menampakkan ekspresi yang berbeda.
image
George Square. Semacam alun-alun-nya Glasgow, lokasinya juga dekat pusat pertokoan. George Square ini diambil dari nama King George III

Gak terasa hari sudah malem, walaupun masih terang. Tadinya mau berkunjug juga ke Riverside Museum , The Tall Ship. Tapi ya sudahlah udah puas juga kok.. Glasgow kotanya lebih besar sih dari Edinburgh, kota di UK ke-3 terbesar setelah London dan Birmingham. Cuaca di Glasgow ternyata ga jauh beda dari Groningen, mendung-mendung mellow dan juga sering hujan.

Makasih Yangii, sudah jadi guide di one day trip kita di sela-sela ngerjain disertasi. Puas deh pokoknya.. Tadinya kepikiran eh rame juga kali ya lanjut kuliah di Univ Glasgow, eh tapi ga jadi deng.. Ga ada farmasinya (ada juga kedokteran), dan kayanya high pressure banget kuliahnya (emang aku cupu sih).

Kami naik bus jam 8 malam dan sampai jam 9, masih lumayan terang di Edinburgh, kami bisa istirahat untuk lanjut jalan-jalan lagi di Edin.

 

Advertisements

One thought on “One Day Trip to Glasgow

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s