Mengurus Visa UK dari Belanda


Halooowww.. Ini dia postingan yang sejak dulu mau dibikin tapi ga sempat-sempat aja. Visanya udah beres, jalan-jalannya udah berlalu, baru deh sempet nulis ini, hehe.. Maklumlah masih belum bisa move on dari tugas kuliah leha-leha. Karena ada beberapa rekan yang rekues tentang pembuatan visa UK dari Belanda, maka saya pun menuangkan informasinya di sini, semoga rada jelas penjelasannya.

Sebagai pemegang paspor Indonesia dan bervisa Schengen tentunya kita memiliki keuntungan untuk bisa jalan-jalan ke negara-negara Eropa yang kebanyakan bervisa Schengen.. Nah, cuma si UK ini aja yang rada belagu beda sendiri. Tapi setidaknya para pemegang visa Schengen masih lebih beruntung daripada teman-teman kita yang bervisa UK (saja). Mau jalan-jalan ke negara Eropa yang laen, mesti bikin Schengen dong.. hihi…

Oke, mulai dari aplikasi visa online. Ini link yang harus dikunjungi untuk apply visa: https://www.gov.uk/apply-uk-visa. Pastikan kamu memiliki waktu yang tenang dan damai saat mengisi aplikasi ini, maksudnya biar fresh dan ga salah-salah isi gituu. Oiya reason for visiting UK saat membuat visa ini adalah tentunya β€˜general visitor visa’, karena kita bikin visa untuk kunjungan singkat jalan-jalan.

Jadi pertama kita harus membuat akun di Visa4UK tersebut, nanti semua konfirmasi akan dikirim melalui email tsb. Data-data yang diisi cukup banyak, sekitar 6 (atau lebih ya) halaman. Pastikan pula saat mengisi form tersebut kamu ready dengan semua data-data pribadi kamu mulai dari paspor, itinerary seperti tempat penginapan, data kenalan di UK, data penghasilan, data travelling yg dulu2, pekerjaan, dll. Kalau belum selesai semua bisa disave kok dan bisa dilanjut kemudian hari, nanti tinggal Log in saja dengan akun yang sudah dibuat.

Setelah yakin semuanya rebes, nanti terakhir kita akan dikasih opsi mau ngurus di mana visanya. Untuk Belanda ada 2 opsi: Amsterdam dan Dusseldorf (Jerman). Tadinya kami mau mengurus ke Ams, tapi ternyata jadwalnya full sampai 2 minggu ke depan, takutnya ga keburu jadi visanya sebelum berangkat. Akhirnya kami memilih opsi Dusseldorf, ya sekalian jalan-jalan. Kita juga akan memilih jam berapa nanti appointment visanya. Kami pilih jam 1 siang, dengan memperkirakan waktu tempuh dari Groningen ke Dusseldorf sekitar 4 jam, kami bisa naik kereta jam 7 atau 8 pagi.

Setelah itu bayar aplikasinya secara online. Nah waktu itu kami membayar dengan kartu kredit karena tidak ada pilihan menggunakan iDeal (debit), pakai Paypal juga bisa. Tapi cerita teman saya lain lagi, dia bilang waktu isi online dia bayar aplikasinya pakai iDeal kok.. Dugaan kami mungkin dia pilih aplikasinya ke Amsterdam dan pilihan menggunakan debit akan tersedia. Oiya biayanya beda lho antara yang urus di Ams dan di Dusseldorf. Untuk Ams itu sekitar 200an euro. Untuk Dusseldorf sekitar 130an, pleeus.. ongkir visa (emang olshop) sekitar 14 euro. Sebenernya nanti bakal sama-sama aja sih karena tiket PP Groni-Dussel sekitar 40 euro lebih.

Oke.. setelah semua selesai dan ada konfirmasi ke email jangan lupa print/fotokopi semua dokumen yang dibutuhkan. Dokumen aplikasi, visa, paspor, booking pesawat, booking hotel, proof of income, pas foto, verblijf Belanda

Daan tinggal datang deh ke kantor imigrasi UK di Dusseldorf. Deket banget kok sama si stasiunnya. Tinggal jalan 3 menit sampe, kantornya juga ah segede piyik. Tapi mau masuk aja susah, kudu antri di luar, ga ada ruang tunggu juga sih.. Nanti kita akan nunjukin surat appointment kita jam berapa, terus boleh masuk. Lalu dokumen aplikasi kita dicek kelengkapannya dan juga paspor. Habis tu baru boleh masuk lagi ke dalem, ke loket-loket interview dan pemeriksaan dokumen. Setelah katanya ok baru kita foto untuk visa. Prosesnya cepet sih sebenernya, kalo gak ada yang kurang-kurang. Kita sempet nyari tempat fotokopian dulu utk ngopi verblijf, untung ada deket-deket sana.

Proses jadinya visa memakan waktu 3 minggu. Pas sebelum 3 minggu ada DHL datang ke rumah nganterin paspor kita yang sudah dibubuhi visa UK, yeaayy! Visa berlaku 6 bulan lho.. Masih bisa balik lagi kalo ada tiket murah, hehe..

Selamat mencoba!

Advertisements

25 thoughts on “Mengurus Visa UK dari Belanda

  1. Tulisannya sangat membantu sekali. Terima kasih sudah berbagi. πŸ™‚
    Kebetulan saya mau ke UK dalam waktu dekat, saya juga pernah menulis blog tentang mengurus visa schengen. Nanti setelah saya selesai mengurus visa UK, dan mungkin akan menulisnya di blog saya, boleh saya cite tulisan ini mbak?

    Sekali lagi, terima kasih.

    Salam,
    Dina

  2. Wah terimakasih atas tulisannya. Tadinya sempat galau mau urus di Amsterdam apa di Dusseldorf. Karena dari Delft-Ams cuma 1 jam, sedang ke Dusseldorf 3,5 jam sendiri ~_~. Tapi masalahnya antrian Ams dah penuh sendiri hoho. Makasih yaaa atas tulisannya

  3. Wah ini yang saya cari. Thanks infonya mbak.. πŸ™‚ (mahal juga yak visanya via Ams, tapi kalau saya ke Dusseldorf tambah mahal. Oke deh ke Amsterdam saja, mungkin bisa naek sepeda kesana a.k.a tanpa ongkos) hehe

  4. Saya jg lagi cari2 info ini. Rencana mau ke UK. Cuma saya di sini kan ikut misua, verblijfsvergunning ada, tapi sy gak punya penhasilan tetap alias cuma freelance.. Gimana kasih dokumen ttg salary? Bisa gunain slip salary misua ajah gak yaa? Setiap bikin visa bukannya jangan booking apa2 dulu yaa?? Takut visa nya gak di-approve. Atau so pasti di-approve kalo mrk sdh lihat booking flight/ hotel kita?? Visa jadi in 3 weeks, sementara biasanya saya kalo jalan2 booking flight baru 1-2 minggu sebelumnya. Booking hotel jg gituh nanti seminggu kalo sdh mau pergi. Sayang kalo mendadak di-Cancel bookingan flight-hotel, ada hotel yg ksh charge ada yg enggak siy. Info2 lagi yaa mbak. Alvast bedankt.

    • Halo mbak.. Bisa pakai salary suami mbak, saya juga kan cuma ada beasiswa aja, jd proof of income-nya dari suami. Nah kalau kita sudah punya travel itinerary, tiket pesawat, booking hotel itu memperkuat alasan perjalanan kita sbnrnya. Kalau saya waktu itu tiket pesawat memang sudah beli dgn memperkirakan visanya akan jadi sebelum brgkt. Kalau hotel kami pesan dari situs, tapi yg bisa dicancel kalau batal (tanpa bayar denda atau ga dibalikin uangnya), misalnya dari booking.com, tapi cek juga lagi mbak..

    • wah terima kasih share-nya mas, berguna juga ini utk yg mau apply dari perancis. dan harganya jauh murahnya yaa

  5. Halo mbak Monika,

    Sorry menganggu waktu nya sebentar πŸ™‚

    Sy mau tanya dong kira-kira dokumen2 seperti Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan KTP itu diperlukan gak ya saat pengajuan Visa UK di Belanda? Karena yang saya liat di daftar pengajuan visa UK di Jakarta itu memerlukan dokumen ini semua. Di bulan Agustus depan ini sy akan melanjutkan studi di Belanda, dan kalo bisa sy ingin siapin dokumen yg kira2 diperlukan jika nanti saya berencana untuk apply buat visa UK. Terus kak, sy ada kepikiran dgn nama yg tertera di akte kelahiran sy itu hanyalah nama depan. Sedangkan nama yg tertera di dokumen lain2 nya seperti KTP, kartu keluarga, ijasah, passpor dll sudah sama semua (lengkap dengan nama belakang). Apakah ini akan menjadi problem ya pas pengajuan nya? atau jika sy submit akte kelahiran berserta KK & KTP bisa ok?

    • Halo Mbak Priscillia. Dokumen akte kelahiran saja yang diperlukan. KK dan KTP tidak ditanyakan.. tapi saya kurang tahu apakah skrg berbeda dokumen yang dibutuhkannya. Saran saya lengkapi saja semuanya, siapatahu dibutuhkan. Akte kelahiran harus dilegalisasi dahulu ke Kemenlu, Kemenhumkan dan Kedubes (umur dokumen yang dilegalisasi tidak boleh berusia lebih dari 5 tahun (harus dokumen baru), jadi minta kutipan kedua ke Capil.
      Hmm.. saya tidak tahu apakaah bisa bermasalah atau tidak, jika memang bermasalah mungkin pada saat mengurus kutipan kedua sekalian saja dilengkapi namanya Mbak. semoga suksess

      • Halo Mbak Monika,

        Thank you buat balesan nya ya. Ada satu hal lagi yg saya ingin tanya kan mengenai process legalisir akte kelahiran, kak. Berhubung dgn tanggal keberangkatan sy ke Belanda minggu depan, sdh tidak ada banyak waktu utk mengurus ini semua. Kl boleh tau, apa process legalisir ini bisa saya titip kan ke sodara di Jakarta utk di laksanakan tanpa harus hadir langsung atau ini semua sbrnnya bisa di kerjakan juga di dubes Indonesia di Belanda?

      • Mbak priscillia oiya maaf sepertinya salah tangkap. Saya kira utk apply visa Belanda. Utk visa UK tdk dibutuhkan KK dan ktp. Hanya resident permit Belanda (semacam ktp), seingat saya akta kelahiran perlu jg. Legalisasi akta kelahiran kmrn ga dipakai utk apply visa belanda ya mbak? Bisa kok kalau mau legalisir dititip ke org lain, atau serahkan saja ke biro jasa

      • Halo kak Monik,

        Hehehe iya kak gpp πŸ™‚ Oh begitu ya kak process nya. Sepertinya lebih simpel buat visa UK pas di belanda nya ya di banding pas di Jkt agak sedikit ribet. Paling yg hrs di urus akte nya saja. Kemarin sy membuat visa studi Belanda gak dibutuhkan akta kelahiran. Process nya itu jg 50/50 di bantu sm kampus dsna, jd pas udh di approve sy hanya harus dtg ke dubes utk fingerprint serta membawa passpor yg valid aja hehe.

        But, thank you banget ya buat info ya! I really appreciate it! All the best ya kak πŸ™‚

  6. Halo Monika, terima kasih info nya. Btw, ada sedikit pertanyaan nih, kira2 ada info ttg perlu minimum regular income berapa kah (yearly) untuk persetujuan visa UK ini? Aku juga lagi studi di Belanda tapi di support oleh ortu, jadi agak bingung di bagian proof of income nya (karena nominal nya juga irregular sebetulnya, tergantung kebutuhan :D) Terima kasih banyak ya.

    • Langsung buat dua2nya aja. Krn visa UK dan Schengen terpisah. Kalau urus dari skrg dengan persyaratan lengkap Insya Allah cukup, kan visa turis persyaratannya tidak sebanyak visa tinggal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s