Kerjaan Runa #1


Yuhuuu… Saya pernah berjanji pada diri sendiri untuk membuat part khusus di blog ini tentang Runa, khususnya lagi tentang aktivitas Runa. Sejujurnya saya bukan ibu yang terlalu pintar dan kreatif dalam mencari ide bermain untuk anak dan kemudian mendokumentasikannya. Saya pikir ya biarlah Runa bermain apapun yang dia mau. Lagipula dulu Runa masih usia satu tahu, saya pikir kayanya belum banyak aktivitas yang melibatkan kreativitas dan kepahaman anak. Tapi kemudian kakak saya bilang: Coba deh nik, lihat instagramnya @stellasutjiadi atau teh @anggunoktari. Saya gak ngeh, siapa mereka ya? Si Kakak bilang dua-duanya anak ITB, Kalau Stella itu anak SR, lupa angkatan berapa, Teh Anggun anak MA03. Mereka suka ngeshare kegiatan anak-anaknya di IG, cek deh, siapa tau membuka ide.

Jadilah saya membuka IG dan memfollow mereka berdua. Stella Sutjiadi punya satu anak Namanya Daffa, ceriwisnya mirip kayak Runa. Teh Anggun anaknya dua Ipa dan Bia (Kalau Teh Anggun ini kayanya saya rada kenal *sok kenal* selama di ITB. Akhirnya saya yang dulu ga begitu hobi buka-buka IG jadi lebih suka lihat IG daripada fb dan path (dimaapin ga nih, masih maen sosmed? heuheu.. padahal kemarin baru posting tentang mengurangi bersosmed karena hp rusak). Ternyata selain mereka berdua banyak juga ibu-ibu yang suka mendokumentasikan kegiatan anaknya di IG, ada pula yang namanya montessori activity juga, waah.. sayapun jadi makin semangat merancang aktivitas untuk Runa dan juga dapet ide-ide baru dari mereka, nuhun yaa ibuibu IG yang ga bisa saya sebutin satu-satu.

Kemudian saya berinisiatif juga untuk menyusun aktivitas Runa setiap harinya. Ada permainan yang melibatkan motorik halus dan kasar, role play, art and craft, menggambar, bermain dengan puzzle, bermain dengan bentuk/balok-balok/lego, kegiatan memasak, dan lain-lain.. Runa pun udah beranjak besar nih, mulai bisa diajak bermain bareng-bareng yang melibatkan kepahamannya. Saya berharap Runa semakin terasah kreativitasnya, kemampuan motorik halus dan kasarnya, kemampuan berbahasanya, dan imajinasinya.

Saya pun mengajak Runa bermain macam-macam, tentunya saya juga mendokumentasikannya. Maksudnya sih biar rapi gitu, ada rekam jejaknya hehe.. dan siapatau bisa ikutan ngasih inspirasi ke ibu-ibu lainnya, walopun mah kreativitas saya jauuuhh dibandingkan ibu-ibu yang suka saya contoh.

Asalnya hanya saya dokumentasikan di IG saya @monikaoktora dengan hashtag: #KerjaanRuna #RunaActivity #ToddlerActivity, #ToddlerBusy, plus hashtag tambahan lainnya. Sekarang pengen saya simpen juga di blog, biar dokumentasinya lebih rapi.

Ibu-ibu kalau ada yang punya ide bermain dengan anak jangan segan-segan ya berbagi sama sayaaa…

Perlengkapan Perang Runa. " Walopun Bunda ga bakat gambar dan aktivitas sejenisnya (gambar gunung aja udah ditahan2 biar ga keluar) dan cuma bs gambar hewan kucing doang. Tapi akhirnyaa.. Bunda mempersiapkan ini buat bekal bermain Runa
Perlengkapan Perang Runa
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s