Kerjaan Runa #6: Baking Unyil Bread


Aheeey akhirnya bisa juga bikin roti sendiri, hehe.. Ceritanya sebelum eksekusi bikin roti ini, saya udah studi lapangan dulu ke Mbak Tina, tetangga sebelah, yang udah berhasil mempraktekan resep roti unyil ini. Mbak Tina sih bilang dia dapetnya dari facebook Ummu Wajeeha dan resep ini yang paling simpel. Jadilah saya nyatet resepnya dan bikin bareng sama Mbak Tina, ngeliat step-stepnya sampai selesai.

Nah, karena bahan-bahan masih ada saya dan Runa pengen coba bikin sendiri nih.

Oiya resepnya dulu:

Bahan:

  • 1 butir telur
  • 1/4 sdt garam (campurkan di tepung)
  • 1,5 cup tepung serba guna (+ 250 gram)
  • 1/2 cup susu segar (+ 80-100 mL)
  • 3 sdm margarin/ 40 gram butter
  • 2 sdt yeast
  • 2 sdm gula pasir
  • Keju, meses, atau isian lainnya

Cara membuat:

  1. Lelehkan butter dengan api paling kecil
  2. Setelah butter cair, masukkan susu segar, aduk rata
  3. Tambahkan gula pasir dan aduk sampai gula larut
  4. Masukkan telor dan aduk lagi
  5. Masukkan yeast, aduk rata
  6. Tutup panci selama kurang lebih 3 menit (biar yeast-nya aktif katanya mah)
  7. Setelah itu baru campurkan dengan tepung nya. Aduk rata. Adonan ini akan lengket dan lembek
  8. Diamkan adonan selama 1 jam, sambil ditutup dengan menggunakan kain lembab. *Nah karena di sini udara dingin banget, khawatir roti ga akan ngembang, maka si adonan tsb disimpen di oven yang anget (sebelumnya oven dinyalain, setelah hangat dimatiin, baru simpen adonan di sana) -> caranya Mbak Tina
  9. Setelah 1 jam adonan akan mengembang, kempiskan adonan dan uleni
  10. Biarkan setengah jam lagi dengan ditutupi seperti tadi
  11. Uleni lagi secukupnya daaan bisa langsung dibentuk dan diisi sesuai selera deh
  12. Sebelum dimasukkan ke oven, olesi permukaan roti dengan putih telor
  13. Panggang selama 15-18 menit atau sampai matang, degan panas 180°C *oven harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum memanggang

Tampak mudah dan simpel kaaan? Tapi ga sesimpel kalo bikinnya bareng Runa, haha.. Pas saya lagi sibuk nyampur-nyampurin tepung dan bahan-bahan lainnya (di awal-awal proses pembuatan), Runa saya kasih “kerjaan” lain. Main-main sama ager nutrijel yang sebelumnya udah dibikin, dan ternyata Runa ga doyan sama rasa nutrijel yang plain, ya udah daripada mubazir dibikin mainan sama Runa, jadi kayak main playdough enyoy, haha.

Adonan sudah hampir tampak gagal karena udah didiemin selama satu jam tapi ga keliatan ngembang, hiks.. Lamgsung lapor Mbak Tina. Katanya diemin lagi aja sejam lagi, yowes.. tak diemi to. Habis itu saya ulenin, eeh tapi kok si adonanya ga kalis yaaah? hiks.. lapor lagi sama Mbak Tina. Disaranin untuk nguleninnya dicampur sedikit tepung aja kalo masih rada lengket. Taraaah, eh berhasil dong.. adonannya jadi tampak meyakinkan.

Baru deh saya ajak Runa ngebentuk-bentuk roti dan ngisi dengan keju, meses, dan sprinkle. Ngebentuknya juga bebas deh sesuka hati. Akhirnya roti-roti unyil ini masuk ke oven.

15 menit yang menegangkan sodara-sodara.. Alhamdulillah rotinya ternyata jadiii.. horee.. langsung saya hap *takut dalemnya keras*, tapi ternyata empuk kok. Runa aja pas lagi anget-anget gitu abis 2 biji.

Boleh nih udah lulus bikin roti, nanti bisa lamar kerja di breadtalk #eh

Baking bread ala Runa - Roti Unyil dengan berbagai macam bentuk

Baking bread ala Runa – Roti Unyil dengan berbagai macam bentuk

Advertisements

2 thoughts on “Kerjaan Runa #6: Baking Unyil Bread

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s