Kuliah Hesham Al-Awadi


Minggu lalu suami saya dikirimi link suatu site dari sahabatnya. Kemudian suami men-share-lah si link tersebut ke group whatsapp keluarga. Awalnya saya gak ngeh amat (gak ngecek juga sih) apaan sih itu. Katanya sih isinya bagus, tentang kuliah Islam, mengupas isi Al-Qur’an, sirah Rasul, hadits, berkaitan dengan history-nya juga. Saya cuma nengok sebentar si webnya. Ooh ternyata di situ ada rekaman ceramah/kuliah dari Hesham al-Awadi (gak kenal pun saya, maen ‘ooh’ aja kayak yg tau). Ya udah ga sempet denger isinya lebih lanjut. Tapi ternyata kakak ipar menanggapi dengan antusias isi kuliah tersebut.

Jadi Dr. Hesham al-Awadi itu orang Kuwait. Dia kuliah di Inggris ngambil Bachelor’s Degree, Master’s Degree, Master of Philosophy, dan PhD di bidang Middle Eastern politics and history. Dia juga punya diploma Islamic studies dari Institute of Islamic Studies, Cairo. Katanya sih kuliah-kuliahnya dah terkenal

Nah, pulang kantor, suami langsung antusias cerita. “Dengerin deh, Bun bagus isi kuliahnya. Tadi ayah udah dengerin tentang Exploring Surah Yusuf selama perjalanan kantor ga bisa berhenti dengerinnya”. Saya pikir, tumben nih kalo tertarik berarti emang bagus banget. Apalagi kan ceramahnya ternyata dalam Bahasa Inggris, lha saya jadi rada males duluan, ntar bengong ga nangkep ngomong apa dia. Tapi suami bilang kalo Bahasa Inggrisnya enakeun dan gampang dingertiin. Dia sampe promosi: “Kaya Bunda kalo lagi baca buku yang rame gitu kan sampe ga mau berhenti baca, ya sama ini juga kuliahnya tu bikin kita ga bisa berhenti dengerin”

Yawes, akhirnya saya juga mau download, biar bisa didenger selama ngegowes sepeda pulang-pergi kampus, lumayan kan 15-20 menit bisa keisi hal bermanfaat. Saya dengerin juga tentang Exploring Surah Yusuf. Eh bener rame geuning.. kaya denger cerita gitu, tapi dia mengupas dari banyak sisi. Saya jadi bener-bener kebawa sama sejarah Nabi Yusuf ini. Memang cerita Nabi Yusuf kan dikenal dengan Ahsanul Qasas (Sebaik-baiknya cerita). Kenapa coba dibilang sebaik-baiknya cerita? Nah.. ada tuh sebabnya dia sebutin. Dia nyeritain Yusuf dari mulai kecil, sampai dibuang ke sumur, lalu dijual jadi budak di Mesir, lalu tinggal di istana Minister of Finance-nya Mesir, sampai Zulaikha menggoda Yusuf, Yusuf dipenjara, lalu bertemu dengan orang yang dia ramal nasibnya, menerima wahyu menjadi Nabi, kemudian bebas dari penjara, menjadi orang yang berjasa bagi istana dan rakyatnya, diangkat jadi raja, sampai berkumpul lagi dengan ayahnya Yaqub. Puanjaangg.. ada 4 sesi. Masing-masing sesinya berdurasi sekitar 1 jam.

Subhanallah banget itu. Banyak yang saya gak tahu dari cerita Yusuf sebelumnya. Dia bercerita dengan baik sampai saya bisa membayangkan kondisi yang dia ceritakan tsb. Ah, saya jadi pengen ngedengerin isi kuliahnya dengan serius sambil nyatet poin-poin pentingnya *beneran kayak kuliah*,  Biar ga lupa sama kontennya. Biar bisa diceritain lagi ke orang lain, minimal ke Runa-lah.

Suami malah udah dengerin sampai Children around Prophet. Menceritakan sejarah Rasulullah SAW dan bagaimana Beliau memperlihatkan kasih sayang pada anak-anak, bagaimana mendidik mereka, sambil mengupas sejarahnya.

Buat yang penasaran sama isi kuliahnya bisa ke sini: http://www.kalamullah.com/hesham-alawadi.html

Semoga bermanfaat! Jum’at barokah. Aamiin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s