Belajar Berenang di Groningen


Kemarin Runa ngikut Mbak Mayya dan Mas Rayyan (tetangga Runa di sini) pergi les berenang. Asalnya saya dan Runa ga rencana mau ikut. Tapi kayaknya seru nih bisa lihat  Mbak Mayya berenang (Mas Rayyan renangnya besoknya).

Di deket lingkungan rumah kami, di Lewenborg memang ada fasilitas kolam renang dan ada lesnya juga. Tempatnya bersebelahan dengan sekolah Runa, deket kok dari Rumah. Nama tempat lesnya Aqua Groningen. Saya kirain tu asalnya tempatnya kolamnya gede gitu (yang kebayang ya Big Water Park-nya Kopo atau Bikasoga-nya Buah Batu), eh ternyata kolamnya cuma satu, seucrit lagi.. tapi tingginya hampir 2 meter.

Anak-anak yang les di sana? Wuih penuh.. jadwalnya padat. Satu kali les sebenarnya cuma 30 menit. Kami datang jam 4 sudah ada grup (1 grup bisa max sampai 12 anak kayanya) yang sedang les. kemudian giliran Mbak Mayya dan grupnya, setelahnya ada lagi lanjutnya. Gurunya gak ganti dong.. Katanya sampai jam 7 malem masih ada grup yang les. Wow amazing.

Di sini les berenang ternyata penting lho. Mas Rayyan sama Mbak Mayya aja sebenernya udah daftar lesnya dari tahun lalu, tapi ternyata penuh dan masuk waiting list. Akhirnya baru bisa mulai tahun ini. Anak-anak yang ikut les usianya minimal 4 tahun. Bayaran per pertemuannya 9-10 euro (mahal dong yak. Di rupiahin bisa sampe 150rebo). Nanti mereka diajarin dari awal, pake pelampung, kemudian lepas pelampung, mengambang di air, bergerak di air, gaya punggung, gaya dada, gaya bebas (saya kurang tahu sih sampai gaya mana mereka ajarin). Ada 3 tahapan yang harus dilalui si anak dalam les ini. Nanti kalau udah siap 3 tahapan tersebut, dia akan dipanggil untuk ujian. Mereka akan dapet Diploma kalau lulus. Diplomanya ada Diploma A, B, dan C. Nanti ada sertifikat khususnya. Mas Rayyan dan Mbak Mayya saat ini sedang mengejar Diploma A.

Kalau di Indonesia kayanya les renang ya gitu-gitu aja gak sih sama guru les dan kalau udah bisa ya bagus. Terserah mau lanjut sampai mana dan sampai kapan *kecuali mungkin untuk yang bener-bener serius berenang jadi atlet*. Kalau di sini tuh prestige  dan wajib belajar berenang. Anak-anak Belanda tuh harus bisa berenang! Mungkin mereka khawatir Belanda suatu saat akan tenggelam karena Belanda kan daratannya lebih rendah daripada lautan, banjir dikit udah deh kelelep tanah kompeni. Mangkanya penduduknya harus wajib bisa renang. Mungkin lho ya, itu cuma pikiran aneh saya aja, haha..

*tambahan* paragraf di atas, setelah saya konfirmasi ke mamanya Mas Rayyan-Mbak Mayya tentang kenapa di sini kok wajib belajar renang. Ternyata memang alesannya takut sewaktu-waktu Belanda tenggelam, lha ledakin aja dam (bendungan) nya Belanda, habis udah daratan Belanda. Untuk tes dapet sertifikat Diploma A itu tes renangnya harus pake baju (baju lengkap kayak ke luar rumah). Untuk Diploma B tesnya pake baju dan sepatu. Diploma C pake baju, sepatu, dan tas. Jadi beneran, kalau sewaktu-waktu ada banjir, mereka bisa berenang dalam keadaan berbaju sepatu lengkap. Segitunya bok!

Aqua Groningen. Sumber gambar: www.aquagroningen.nl

Aqua Groningen. Sumber gambar: http://www.aquagroningen.nl

Pas kita nganter Mbak Mayya renang (kolamnya di balik jendela kaca). Orang tua anak-anak yang sedang les antusias banget ngeliatin anaknya belajar renang dari balik kaca. Sambil sesekali mereka mengacungkan jempol dan tersenyum sama anaknya.

Orang tua antusias mengantar dan melihat anaknya berenang

Orang tua antusias mengantar dan melihat anaknya berenang

Grupnya Mbak Mayya udah siap-siap mulai les renang. Mereka nunggu di pinggir kolam dulu sebelum dipanggil gurunya untuk terjun ke kolam. Anak-anaknya masih pada piyik yah.

mbak mayya

Mengantar Mbak Mayya berenang. Lagi siap-siap sebelum turun ke kolam. Mbak Mayya yang paling kanan

Ini dia si guru les renangnya yang super, nge-handle 6-10 anak di dalam grup, sabar ngeladenin anak-anaknya. Mbak Mayya udah jago lho renangnya. Umurnya padahal baru 5 tahun.

Aksi Mbak Mayya saat berenang. Mbak Mayya lagi gaya punggung tuh

Aksi Mbak Mayya saat berenang. Mbak Mayya lagi gaya punggung tuh

Runa sampai bilang; “Buun.. Runa mau kayak Mbak Mayya, Runa mau berenang.”

Oke Runa wiken ini yuk kita renang. Runa udah ga sabaran pengen berenang kaya Mbak Mayya dan Mas Rayyan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s