Review Tontonan Runa


Saya bukan ibu yang perfeksionis buat Runa, bukan juga ibu yang strict dan sangat membatasi tontonan Runa. Gak bisa dipungkiri memang hidup di zaman internet, sosmed, dan media hiburan yang sangat maju membuat kita jadi ikut terseret ke dalamnya. Runa juga gak bisa dielakkan dari tontonan. Ya sebenarnya ortunya sendiri sih yang memperkenalkan Runa pada tontonan. Sejak Runa MPASI saya mulai memperkenalkan Runa sama yang namanya nonton, heuheu. Di kala Runa susah makan dan ga mau mangap, saya “suap” dengan tontonan menarik. Walaupun gak sering sih, tapi nonton adalah salah satu cara untuk mengatasi kesulitan saya saat menghadapi Runa yang susah makan.

Runa bisa nonton dari hape, tablet, laptop, tv, tv yang disambung ke youtub (dengan smart TV), dvd. Tapiii… itu gak bikin saya jadi membebaskan Runa untuk nonton apa saja. Di filter juga kali.. Bahkan saya juga ikut menonton bersama Runa, biar tahu isi tontonannya kayak apa, biar Runa merasa Bundanya ga cuek aja ngebiarin dia nonton, juga buat seru-seruan sama Runa ngobrolin jalan cerita tontonnannya gimana.

Walaupun saya juga ga terlepas dari guilty feeling karena kadang saya membiarkan Runa nonton sendirian (dengan tontonan pilihan saya, atau pilihannya) dan saya kemudian grabak grubuk di dapur masak dan beberes, atau saya ngerjain tugas (yang biasanya adalah deadline). Ini sih yang masih harus saya atur. Harusnya bisa aja saya masak pas ayahnya udah pulang kantor. Harusnya saya juga bisa ngerjain tugas di waktu lain, saat Runa ga butuh perhatian saya, misal tengah malem saat Runa sudah tidur atau subuh hari saat Runa masih tidur –> tapi faktanya masih susah ey –> HARUS BISA *keluar asap dari hidung*.

Oke, jadi ini beberapa acara yang Runa biasa nonton di youtube/TV/DVD:

Di TV

Saya juaraaang banget nonton tv di sini, ya atu da gimana salurannya pake bahasa Belanda. Kadang suka ada serial barat favorit saya kayak Big Bang theory, HIMYM, Grey’s Anatomy, tapi ga hafal juga jamnya kapan. Kalaupun mau nonton juga yaa buat apaah? Ga terlalu pengen juga. Paling nonton berita, CNN, BBC *sok betul* padahal ga suka berita juga. Yang suka nonton malah suami, nonton berita atau ga acara olahraga terutama bola. Jadi kalo di rumah saya nyetelnya Nick Junior, isinya semua film anak-anak kok macem:

  1. Dora the explorer
  2. Dora and Friends
  3. Dora and Diego
  4. Bubble Guppies
  5. Paw Patrol
  6. Ni Hao Kai Lan
  7. Blaze and the Monster Machine
  8. Tickety Tok
  9. Umi Zoomi
  10. Max and Ruby
Tontonan anak-anak di Nick Junior (Nederland). Sumber www.thedrum.com

Tontonan anak-anak di Nick Junior (Nederland)

Sejauh yang saya tonton semua filmnya bagus kok. Ga ada hal yang aneh dan lebay. Saya paling suka (lho kok saya) Dora dan Bubble Guppies. Menurut saya tayangannya mendidik kok. Ada berhitungnya, mengenal bentuk, teka-teki, problem solving, dan ada petualangannya juga. Saya ngasih Runa tontonan ini sekalian buat belajar bahasa Belanda juga. Biar dia “ngeh” sama percakapan sederhana dalam bahasa Belanda. Saya juga sekalian belajar sih, hehe.. tapi lebih cepet nangkep Runa. Oiya di Nick Junior ini juga bebas iklan lho. Jadi ga usah cemas kalo tiba-tiba ada iklan cewe berbikini sambil minum bir muncul di layar tv. Iklannya paling cuma iklan si acara tv anak-anak yang lain atau suka ada iklan kreatif dari Nick Junior-nya. Misalnya suka ada art craft bikin hewan tertentu, terus si hewannya bisa gerak-gerak ke hutan atau ke mana dan terakhirnya ada tulisan Nick Junior.

Di Youtub

1. Hi5

Ini salah satu acara anak yang pertama kali ditonton Runa, asalnya saya juga ga terlalu ngeh ini apa. Tapi ternyata asik isinya. Ada cerita yang diselingi lagu-lagu. Lagu-lagunya ear catching. Ceritanya simple dan juga cukup edukatif karena ada tentang shape, friends and family, mengenal musik, stretching dan motorik kasar, dan tentang puzzle. Bisa sekalian belajar bahasa Inggris juga, hehe. Tiap season ada temanya misal: Music, Water World, Amazing Things, Love, Games, Animal, dst. Dulu saya dan Runa nonton ini di Disney Junior. Hi5 ini original dari Australia. Pertama kali launching tahun 1999, yang kemudian banyak bentukan Hi5 lainnya di tiap negara, ada Hi5 Amerika, Hi5 Spanyol, dll.. Tapi yang paling keren itu Hi5 Australi dengan personel di bawah ini. Ada Fely, Tim, Lauren, Stevie, dan Cassie (Mereka berjaya sekitar tahun 2011-2013), Tapi diputer di Disney Junior dari 2013 sampe sekarang kayanya. Saya sampe iseng nonton Hi5 jadul yang pertama kali launching (dengan personel lama tentunya), alamaak rada norak, walaupun lagu-lagunya tetep enak.

Formasi Hi5 favorit Runa (ehem Bundanya) Sumber: https://play.google.com/music/preview

Formasi Hi5 favorit Runa (ehem Bundanya)

2. Syamil dan Dodo

Ini tontonan untuk anak Muslim. Menurut saya ceritanya cukup sederhana dan mendidik. Boleh dong diapresiasi kartun Indonesia ini. Mereka berusaha menjelaskan mengenai Islam dan kehidupan anak muslim dengan cara yang simple dan mengena. Walaupun kadang ada bahasa atau percakapan yang kurang pas/kurang santun. Kalau gak salah ini dulu diputar di RTV, saya ga hapal sekarang. Tapi Runa biasa nonton di Youtub.

Syamil dan Dodo (sumber: www.youtube.com)

Syamil dan Dodo (sumber: http://www.youtube.com)

3. Upin Ipin

Begitu Runa udah agak ngerti dan lancar ngomong, Runa jadi mulai suka film yang ada ceritanya, bukan hanya yang ada nyanyi-nyanyi aja. Upin Ipin adalah salah satu favorit Runa. Ceritanya lucu, natural, sangat anak-anak, sederhana, dan mendidik. Jempol deh buat yang bikin. Pas Ramadhan Runa diputerin Ipin Upin yang tentang puasa dan mengaji. Juga tentang Upin Ipin belajar di sekolah, membantu Atuk, mempersiapkan acara sekolah, bermain dengan teman-teman, dll. Rasanya seneng ya tinggal di kampung Upin Ipin, kelihatannya aman dan damai, anak-anak bebas bermain, semua penduduk kampung saling mengenal dan menolong. Gak perlu takut misalnya ada bahaya penculikan atau pelecehan pada anak.

Upin Ipin Sumber: www.getjar.com

Upin Ipin Sumber: http://www.getjar.com

4. Kastari Animation. Ela Elo, Diva dan Pupus Kanopus

Ini juga salah satu produksi anak bangsa Indonesia yang patut diacungi jempol. Di saat banyak sinetron geje dan acara hiburan ga mendidik. Kastari Animation ini pilihan tepat buat anak-anak. Di Kastari Animation ini, Runa suka nonton Ela Elo, dua saudara yang mengajak kita untuk mengenal macam-macam benda/kehidupan di sekitar kita. Ada mengenal binatang laut, mengenal buah, mengenal makanan, dll. Durasinya juga gak lama, ga bikin anak cepet bosen. Tapi kalau anak udah di atas 5 tahun mungkin Ela Elo ga menarik lagi sih ya.. Ini lebih buat anak 2-4, karena sederhana banget isinya. Selain Ela Elo ada juga Diva dan Pupus. Mereka suka mengajak kita belajar mengaji, belajar mengenal warna, dan belajar berdoa, keren deh.

Ela Elo - Kastari Animation Sumber:www.youtube.com

Ela Elo – Kastari Animation Sumber:www.youtube.com

5. Lagu anak Indonesia dan GNP (Gema Nada Pertiwi) Musik

Selain musik Hi5, Runa juga dikenalkan pada lagu anak nusantra dong, penting itu! Dulu saya tumbuh dengan lagu-lagu anak yang menyenangkan dan sangat sesuai dengan umur anak, gak kayak sekarang, miskin lagu anak, hiks.. Salah satu sumber untuk liat lagu-lagu anak Indonesia adalah di GNP, lagu anak diiringi aransemen Kak Nunuk. Walaupun klipnya gak terlalu menarik dan kadang aneh (hapunten), tapi saya sangat mengapresiasi bahwa masih ada loh yang melestarikan lagu-lagu anak ini. Pengen lagi deh dibikin populer untuk zaman anak sekarang. Selain itu, Runa juga suka lagu-lagu anak sepanjang masa karya Bapak AT Mahmud, Seperti Ruri Abangku, Paman Datang, dan Bulan Sabit. Sekarang Runa sudah bisa berdendang sendiri, saya jadi geli liatnya kalo nyanyi liriknya suka kebalik-balik.

GNP (Gema Nada Pertiwi) Lagu anak-anak. Sumber www.dailymotion.com

GNP (Gema Nada Pertiwi) Lagu anak-anak. Sumber http://www.dailymotion.com

6. Lagu anak Barat (Nursery Rhimes)

Hmm.. lagu Barat oke deh boleh juga. Selain karena videoclipnya lebih menarik dan lebih ngejreng Runa belajar bahasa Inggris juga dikit-dikit. Paling lagu sederhana kayak Twinkle Little Star, The Wheel on the Bus, Old McDonald, Finger Family, dst. Oiya ada juga Mother Goose Club yang lucu clipnya, Runa suka nonton juga kadang.

Mother Goose Club Sumber: www.youtube.com

Mother Goose Club Sumber: http://www.youtube.com

7. Juz Amma anak dan Alif Ba Ta

Kadang saya muterin Juz Amma anak buat Runa di youtub (disambungin ke TV), sebagai peneman kami kalau lagi main. Kadang Runa bosen ya minta ganti.. Mungkin karena memang videonya ga semenarik dan ga se-colorful video lainnya. Tapi setidaknya cukuplah untuk diperdengarkan dan dilihat. Sejak ada Boneka Hafizah, ya lebih sering si Hafizah ini yang mengaji, ga perlu muter lewat youtube lagi. Ada juga video lagu-lagu Alif Ba Ta, macem-macem sih.. Ini bikin Runa jadi hafal Hijaiyah, walaupun baru melafalkannya saja, belum dengan bentuknya.

Alif Ba Ta. Sumber: www.youtube.com

Alif Ba Ta. Sumber: http://www.youtube.com

7. Sound of Music Clip

Ini karena sebelumnya Runa suka nonton film Sound of Music, jadi kami kadang suka muter lagu-lagu pilihan di film ini. Lagunya bagusss

Di DVD

1. Syamil dan Dodo

Selain nonton di Youtube, Runa punya beberapa koleksi video Syambil Dodo. Terutama yang tentang Shalat dan Rukun Iman. Jadi kalau mau nonton satu seri tinggal puter aja DVD-nya. durasinya paling cuma 30 menit.

Macam-macam DVD Syamil Dodo Sumber: fjb.kaskus.co.id

Macam-macam DVD Syamil Dodo
Sumber: fjb.kaskus.co.id

2. Woezel en Pip

Ini salah satu kartun yang populer di Belanda. Kebetulan saya nemu DVD Woezel en Pip Theater Show di Kringloop (toko barang second). Jadi boneka tokoh-tokoh kartunya dimainin sama orang. Gatau kenapa Runa suka banget. Padahal durasinya sampe sejam kayanya. Mungkin karena ngelihat orang (boneka) bercakap-cakap pakai bahasa Belanda menarik buat dia.

Woezel en Pip Sumber: www.leukvoorkids.nl

Woezel en Pip Sumber: http://www.leukvoorkids.nl

3. Sound of Music

Ini juga DVD saya gak sengaja nemu di Kringloop. Saya dong kangen pengen nonton ini. Ya udah saya setel. Eh Runa malah demen. Tapi ya tentunya dia ga nonton mantengin se-tiga jam-eun filmnya berlangsung dong. Bosen, dia cuma tertarik dengan beberapa scene-nya aja, terutama scene yang ada lagu-lagu dan ada anak-anaknya. Runa sampe bawa DVD nya ke school karena dia pengen nunjukkin sama Juf-nya, kalau dia suka nonton ini. Juf-nya sampe heran, kok ada anak suka film ini ya.. Ini kan film jadul banget.

Sound of Music. Sumber: www.hypable.com

Sound of Music. Sumber: http://www.hypable.com

4. Belajar Shalat seperti Nabi

 Salah satu DVD favorit Runa. DVD ini bagusss. Mengajarkan anak dari mulai wudhu sampai solat serta bacaannya, lengkap deh. Ini DVDnya:

belajar Shalat Sumber: www.edu-kidz.com

belajar Shalat Sumber: http://www.edu-kidz.com

Nah segitu dulu deh ibu-ibu. Boleh dikoreksi kalau ada yang salah. Atau ditambahkan kalau punya referensi tontonan anak lainnya yang mendidik dan layak tonton.

 

Advertisements

One thought on “Review Tontonan Runa

  1. Pingback: TV, No TV, Nonton, No Nonton? | time capsule

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s