monikaoktora.com


Yeaay! Alhamdulillah..

First launching https://monikaoktora.com/ blog dengan domain sendiri. Catet tanggal lahirnya: 18 Maret 2016, jam 00:00 CEST.

Terima kasih kepada:

  1. Para blogger #ODOPfor99days. Saya banyak belajar dari ibu-ibu dan mbak-mbak blogger sekalian. Pada canggih dan semangat nulis! dan itu menular! Ga rugi saya gabung di komunitas yang dimotori oleh Mbak Shanty. Ada Mbak Miranti dan Mbak Rotun juga yang berbagi pengalaman membuat domain sendiri. Juga mbak-mbak ODOPers lainnya yang saling menyemangati.
  2. Suami, yang dibangunin malem-malem minta kartu kredit
  3. Runa, yang walaupun lagi demam, tapi tetep ngegemesin

Proses pembuatannya sendiri cepet kok. Saya merujuk pada link ini: https://en.support.wordpress.com/register-domain/

Stepnya sudah cukup jelas di sana:

  1. Ke bagian domain yang ada di Dashboard
  2. Add domain, pilih nama domain kamu. Bisa sesuai domain lama yang ada di xxxx.wordpress.com atau bikin baru. Domain saya dulu moniqblueprint.wordpress.com sekarang jadi monikaoktora.com
  3. Add email. Kalo ga juga gapapa. Saya ga add email lagi, pake yg ada aja
  4. Pilih contact information: private atau public. Private harus bayar lagi 8$. Saya pilih public aja deh..
  5. Lakukan pembayaran. Bisa pake CC atau paypal. Saya pilih yang .com, dan bayar 18$/tahun
  6. Update domain sebagai primary domain
  7. Validasi link yang dikirim wordpress ke email yang diisikan di data sebelumnya
  8. Jadi deh

Alhamdulillah.

Kenapa monikaoktora.com? ga lanjut aja moniqblueprint.com?

Moniqblueprint bagus sih, haha.. ga tampak terlalu alay. Dulu aja sejak SMP saya yang ganjen kalo nulis nama monik pake ‘Q’, jadi moniQ gitu. Ngalay dikitlah, sesuai dengan postingan pertama dan kedua saya yang masih ababil. Lalu blueprint adalah.. karena saya suka biruuu! terutama biru langit. Sekarang sih saya ga maniak biru lagi, walopun dibeliin laptop sama si ayah yang keyboardnya biru, hoho.. Barang-barang malah banyakan yang pinky. Efek punya anak cewe kali yaa.. Mungkin nanti kalo anak kedua cowo bakal lanjut lagi berbiru-biru ria. kata ‘blueprint’ itu saya sendiri dapatkan biar rada gaya, sedikit filosofislah. Blueprint atau cetak biru biasanya istilah yang dipake sebagai landasan kerja/kebijakan (tapi umumnya dipake di bidang arsitektur apa ya?).

moniqblueprint ini sendiri sudah berdiri dari tahun 2008. Kira-kira antara tahun kedua/ketiga saya kuliah. Saya bikin blog karena dikompori oleh kakak semata wayang saya yang lebih dulu rajin menulis di blog. Dulu kami tergabung di buletin TIFOSI, buletinnya anak Gamais ITB. Kebetulan ada materi tentang blogging gitu ya, jadi aja semua anggota disuruh pada bikin blog, biar rajin nulis dong. Eh ternyata berlanjut sampai sekarang. Walaupun konten di dalam blog saya biasa banget dan saya juga ga konsisten menulis, biasanya kalo galau doang nulisnya *eaaaaa* atau kalau punya pengalaman seru. Sejauh ini sih postingan saya yang paling digemari adalah tentang Membolang ke Pulau Tidung dan tentang Mengurus Visa Keluarga Belanda.

Oiya jadi hilap. Kenapa ambil domain monikaoktora? Ya secara itu nama saya, nama depan dan nama belakang. Nama tengah disimpen aja deh.. Saya suka monikaoktora, karena bunyinya berima (emang pantun, ceu). Nama ini juga saya pake buat akun IG dan twitter saya. Rencananya nih yaa.. rencana.. nanti kalo dah nerbitin buku, saya mau pake nama pena Monika Oktora (nulis naskah dulu buu, mikirin nama pena belakangan). Ada beberapa juga pilihan nama pena, kalau misalnya saya mau nerbitin buku tapi identitasnya misterius (Kok lanjut ya bu ngayalnya, naskah dulu woy!). Tambahan juga, lagipula biasanya di luar negeree *sok asik* yang suka ditanya itu forename (nama depan) sama surname (family name/nama belakang).

Nah ya sudah. Selamat menikmati domain baru saya!

Groetjes!

Advertisements

11 thoughts on “monikaoktora.com

  1. Mbak salam kenal. Selamat untuk domain barunya ya. Duh kalo saya mah masih takut mau bikin dotcom begini, karena sayanya juga gaptek. Takut malah gak ngerti ngurusnya, dll dll. Makanya sampe skr ya pake yang gretongan aja hihihihi…..

    • Halo Mbak Imelda! Saya suka baca postingan2nya mbak Imleda.. isinya sederhana, sehari-hari, tapi lucu dan menarik..Dibikin jadi.com mbak biar tambah kece, hehe. Saya ga sengaja nemu blognya mbak dari hasil blogwalking suatu blog ke blog lain 🙂

      • Mbak monika, yah yah yah……pingsan deh saya di pelukan Darius Sinatriya *ganjen*. Dipuji begini buat seorang newbie, jd pengen pingsan sekaligus terbang *labil*. Pengen mbak jd dotkom cuma masih perlu upgrade otak nih biar gapteknya sembuh dulu. He3. Makasih ya mbak

  2. Pingback: Kulwap kedua bersama Rumbel Menulis IIP Sulawesi Selatan – Shanty's Story

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s