Refleksi #ODOPfor99days Putaran Kedua


Putaran kedua #OneDayOnePostingfor99Days sudah terlewat, sekarang bahkan sudah sampai di postingan ke #71. Banyak sekali yang saya dapat dan pelajari selama hampir 2 bulan ke belakang. Kalau di ODOP putaran pertama saya lebih banyak pada tulisan saya sendiri, saya lebih sering memikirkan ide apa yang mau saya tulis hari ini atau besok, dan sayapun cuma blogwalking ke beberapa blog yang sudah familiar dengan saya sebelumnya. Baca refleksi ODOP putaran pertama sini.

Sejak putaran kedua ini, bisa dibilang tulisan saya rada lebih rapih dikit *atau cuma perasaan saya aja?* Selain itu saya juga jadi lebih banyak punya ide nulis, saya jadi gak takut nulis apapun yang saya mau dan lebih pede dengan hasilnya. Walaupun yaa.. tulisan saya gitu-gitu aja sih, hoho. 

Tadinya saya gak terlalu berminat ikut grup WA ODOP, tapi tergiur dengan adanya info-info tentang menulis dan kulwap dari para penulis terbaik, sayapun join. Group ini malah jadi yang selalu saya baca kalau ada kesempatan, gak saya anggap group spam, haha.. Ternyata keputusan saya bener, saya ketemu dengan para anggota ODOP lain yang luaarr biasa.. merekalah yang membuat saya termotivasi untuk terus menulis atau mengikutkan tulisan pada suatu lomba.

Info-info yang saya dapat ya seputar menulis, info lomba, info buku-buku must read, info tentang blogger profesional, dll. Woaah.. selama ini saya cukup cupu dan baru tahu tentang dunia per-blogger-an yang sangat menantang. Saya sih sendiri ga pengen jadi blogger profesional dengan niche tertentu, atau menjadi blogger yang selalu menang dalam kompetisi review produk, atau menjadi blogger review sebuah produk/acara *lagian siapa juga yang mau ngundang ente, Mon, haha*.

Saya cuma pengen jadi blogger untuk diri saya sendiri. Saya gak peduli dengan jumlah hits atau pengunjung yang menengok blog saya, saya juga ga pengen juga repot-repot menaikkan jumlah pembaca blog saya dengan berbagai macam usaha. Bukannya kenapa-napa, saya cuma pengen apa adanya. Biar orang yang baca blog saya itu karena dia memang tertarik dengan tulisan saya atau karena dia memang butuh info yang saya tulis di blog saya ini. Mungkin saya kurang tepat jika dibilang blogger, saya cuma orang yang demen nulis demi ketentraman pikiran saya *halah naoon deui*. Saya bahkan salut pada blogger-blogger di atas justru, hobinya bisa mereka manfaatkan semaksimal mungkin sehingga blognya bukan cuma jadi penyalur hobi tapi malah sesuatu yang profesional!

Saya juga makin rajin blog-walking, jalan-jalan saya gak cuma ke blog-blog yang saya kenal aja, tapi saya juga udah jalan-jalan ke halaman suatu blog ke blog lain yang ada di link-nya, dan seterusnya. Sampai saya nemu-nemu aja blog yang menarik, seru memang. Sampai akhirnya kegiatan rutin saya sebelum memulai pekerjaan saya di kampus di pagi hari adalah menyeruput kopi panas sambil blog-walking, itung-itung pemanasan untuk ngerjain thesis #eh.

Oleh-oleh paling gede sejak ODOP ini adalah: lahirnya domain saya sendiri, udah gak pake embel-embel wordpress lagi! Dari dulu saya pengen blog saya cuma diikuti .com aja cuma saya selalu ragu-ragu, ah apa sih pentingnya bikin domain sendiri? Toh mesti bayar dan gak ada bedanya dengan yang gratisan. Tapi.. akhirnya saya bisa membulatkan tekad untuk pindah rumah. Saya melihat banyak blog orang walaupun masih sederhana tapi sudah berdomain sendiri, apalagi yang sudah sangat bagus! Keseriusan menulis bisa dimulai dari punya rumah sendiri, harganya pun untuk setahun gak begitu mahal kok. Masa untuk hobi gak mau ngeluarin duit dikit aja.

Jadi kemajuan yang saya dapat dari ODOP 2/3 jalan ini adalah:

  1. Punya domain sendiri
  2. Lebih paham dunia per-blogger-an
  3. Lebih sering blog-walking
  4. Lebih tahu info-info menulis dan lomba menulis
  5. Ikut beberapa komunitas blogger
  6. Berani memasukkan karya untuk suatu lomba nulis
  7. Bener-bener menyadari bahwa… kesenangan saya hanyalah.. baca dan nulis, sesederhana itu.

Wuih ko jadi panjang ini curhatan yak. Oiya link list saya selamaperjalanan ODOP ada di sini. Tot ziens!

 

 

Advertisements

7 thoughts on “Refleksi #ODOPfor99days Putaran Kedua

  1. aku pun… tujuan ngeblog masih utk diri sendiri, dan blognya juga gitu2 aja mba…
    btw blog mba monic termasuk yg aku suka lho,

    ikutan odop? heuu blm berani euy

    • IKutaaan mbak Tia,, saya juga asalnya ga pede mau ikutan. Tapi banyak temen2 Odop yg senasib seperjuangan lhoo.. Yang penting enjoy nulisnya 🙂

  2. selalu seneng blogwalking ke blognya monik dan temen2 yg lain.. hihi, bikin jd semangat nulis lagi.. kepengen ikutan ODOP, tp takut ngga ketanganan.. hahaha.. njul sampe pernah belajar blogging buat cari duit pake adsense itu loh niq ke kampung blogger di Magelang.. tp apalah daya ya semangat nulis kembang kempis.. hahaha.. gimana sih caranya ikutan ODOP?

    • Njuuuul!! Iyah bener, asa beneran ngerasa bahagia punya hobi yang dijalanin dengan (rada) serius. Dulu da monik ge nulis blog kan paling ngan sebulan sekali, padahal sebenernya ide teh ada pngn ditulisin, cuma lama2 ide bakal menguap krn ga dicatet dan jadi ga ketulis deh akhirnya. Itu aku ikutan Odop ga sengaja pas ada ibu2 di grup itbmotherhood ngajakin group ODOP, kecemplung deh. Njul mau gabung ga? Aku teh asa pernah denger ODOP mau buka “semester pendek” jadi kudu setor berapa tulisan gitu untuk dicemplungin ke grup

      • ada semester pendeknyaa? wah boleh juga itu.. kalo ga nyetor hukumannya apa Niq? *gawat ini belom juga gabung udh terbersit bolos* hahaha

    • kekeke.. bener mbak, susah me-time dengan buku klo dah beranak. Tapi kalo anak lagi anteng coba2 baca buku aja, setidaknya anaknya lebih sering liat emaknya pegang buku daripada hape (itu sih akuuu masih pegang hape sambil nemenin anak maen, haha)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s