Akhirnya Ikut Lomba Cerpen Juga


Cerpen PPI India

Cerpen PPI India

Dari semua lomba-lomba menulis yang dishare di group ataupun di facebook, ga semua saya ikuti. Walaupun pengennya sih menjajal kemampuan menulis saya dengan mengikuti semua lomba itu *maruk*. Bukan karena saya tertarik dengan hadiahnya lho ya. Kebanyakan juga hadiahnya itu ya dikirim ke alamat Indonesia, lha saya di ujung utara Londo.. Bukan juga karena hadiahnya ga menarik. Tapi karena saya harus memilih di antara semua lomba itu.. mana yang bakal serius saya ikuti. Saya memilih berdasarkan tema sih biasanya.. kalau temanya soal family, parenting, anak, travelling ya saya tertarik.. Atau kalau lombanya berupa menulis cerpen atau artikel singkat, curhatan apalagee, wkwk.. Kalau saya punya banyak free time, pengen saya cobain deh semua tu lomba.

Nah.. akhirnya saya tertarik nih sama Lomba Cerpen PPI India. Gatau kenapa.. Padahal awalnya saya gak punya ide tulisan yang berkaitan dengan India. Pengetahuan saya tentang India pun hanya sebatas Bollywood dan Shahrukh Khan, sama Aamir Khan juga deh (nyangkut di hati pas nonton Three Idiots). Tapi akhirnya saya bisa memaksa diri saya untuk mencari ide yang sesuai, akhirnya muncullah ide cerita yang berkaitan dengan Ramayana. Lho Ramayana? Itu bukannya dari Jawa? Eitss.. Jangan salah, aslinya dari India itu, tapi diceritakan kembali di Indonesia, karena memang banyak kebudayaan India yang mempengaruhi kebudayaan Indonesia sejak zaman kerajaan-kerajaan Hindu-Budha (yang dulu kita pelajari di SD itu lho). Contoh paling jelasnya adalah serapan Bahasa Sanksekerta ke Bahasa Indonesia.

Pencapaian saya untuk ikut lomba ini juga bukan karena saya ingin menang, saya cuma ingin bisa menulis sesuai tema dan jadwal. Mangkanya saya sudah cukup senang ketika saya bisa memenuhi pengiriman naskah sebelum deadline dan juga membuat sebuah cerpen dengan tema yang ditentukan panitia. Ternyata saya lebih efektif jika diberi deadline.

Dah begitu aja, ODOP saya kali ini. Isi cerpennya lain kali aja diposting yaa.. Soalnya syaratnya cerpen gak boleh dipublish di media manapun sebelumnya. Semoga pembaca ga penasaran *cih ge-er amat dah bu*.

Advertisements

2 thoughts on “Akhirnya Ikut Lomba Cerpen Juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s