Indonesian Day 2016


Indonesian Day photo booth (Sesi Siang pas bazar)
Indonesian Day photo booth (Sesi Siang pas bazar)

Akhirnya hari Sabtu kemarin bisa menikmati event Indonesian Day (ID) kedua saya di Groningen, Alhamdulillah. Oiya sebelumnya buat yang belum tahu, Indonesian Day adalah kegiatan PPIG yang diadakan setahun sekali dalam rangka memperkenalkan kebudayaan Indonesia. Kegiatannya dibagi dua, siang untuk bazaar kuliner dan kerajinan khas Indonesia, sambil ada performances seni dari pelajar Indonesia. Kegiatan malamnya lebih formal, berupa (semi) fine-dining dan tentunya tetap ada penampilan seni juga.

ID ini sudah diadakan oleh PPIG sejak 2013. Tema tiap tahunnya berbeda-beda. Kali ini temanya mengusung Introducing Kalimantan. Tahun kemarin, saya ikut berkecimpung jadi panitia, di bagian publikasi. Saya memutuskan ikut jadi panitia biar saya jadi rada “gaul” gitu sama anak-anak PPIG dan juga biar tahu juga gimana sih nyusun ini acara gede. Kerjaannya ya lumayan juga menyita waktu dan pikiran. Untungnya kerjanya lebih banyak sebelum hari H. Pas lagi hari H, saya ga banyak bertugas lagi cuma nyiapin booklet untuk dinner aja. Pas dinner saya juga gak ikutan sibuk, hanya datang untuk sebagai panitia pasif aja, sedangkan suami ikut bantu-bantu di bagian logistik.

Tahun ini saya blas gak ikutan jadi apa-apa, gak tahu proses persiapan acara dan sebagainya. Sesekali tahu pas anak-anak latihan nari atau angklung karena latihan diadakan dengan kegiatan olah raga rutin juga. Sesekali jug tahu cerita rempongnya panitia dari teman saya yang jadi panitia dan dia merasa sangat ngos-ngosan. Untunglah saya gak ikut-ikutan, memang kondisi saya juga gak mendukung untuk ikut sibuk-sibuk sama PPIG, heu. Tahun ini saya cuma ingin menikmati ID dengan damai sahaja.. Datang ya tinggal jajan di bazar sampai perut kenyang dan malam ikutan jadi tamu dinner, hoho. Kebetulan suami mengajak rekan kantornya (+date-nya) untuk datang. Gantian sebelumnya dia pernah mengundang kami untuk dinner di resto Maroko. Kami mau ngundang ke resto Indonesia lain di Groningen kayaknya gak ada yang wah deh, akhirnya pas banget ada acara ID ini. Untunglah dia bisa datang, sekalian ini sebagai acara perpisahan karena dia udah gak kerja lagi di kantor sejak minggu lalu.

Indonesian Day photo booth (Dinner session). with Lorenzo and Aura
Indonesian Day photo booth (Dinner session). with Lorenzo and Aura

Ternyata jadi pengunjung itu lebih enak daripada jadi panitia, haha.. *hya eyalah* tinggal duduk manis sambil menikmati pertunjukkan.  Acaranya berlangsung lancar dan penampilan seninya keren banget, padahal saya tahu di belakangnya panitia pasti deg-degan dan rempong banget sama ini acara, takut ada yang missed, Alhamdulillahnya engga. Semua penampilannya menarik, gak ada yang ngebosenin, alur acara juga rapi. Gak ketinggalan makanan yang disajikan juga enak. Mungkin untuk orang Indonesia yaa biasa dengan masakan itu, tapi mungkin untuk bule mah menarik, khususnya buat bule Belanda yang kebanyakan makanannya tu gak berasa di lidah.

Sekian dulu cerita tentang Indonesian Day 2016 kali ini. Mudah-mudahan masih ketemu Indonesian Day 2017 *kalo masih di Groningen*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s