Rasanya Tidak Menulis


Writing_Quote_298

Woww.. banyak sekali bolong saya nih di ODOP. Ide tulisan sih banyak *minta dijepret pake karet gelang*, tapi ide tetaplah sesuatu yang kosong ketika tidak dituliskan. Jadi sama aja bohong.

Dua minggu lalu saya masih sempet nulis di sela-sela penyelesaian draft thesis. Setelah meeting progress research saya jadi merasa agak menahan diri saya untuk nulis. Mungkin saya merasa bersalah kok ya saya lebih seneng (dan lebih sering) nulis blog daripada nulis thesis, hiks.. Saya merasa masih ada beban di pundak, hutang 40 ECTS yang harus selesai di bulan Juli. Rasanya jari ini gatel sekali ingin menulis segala rupa, tapi sayang otak harus ON ke tempat lain. Saya juga jadi sedikit ragu untuk bisa melanjutkan pendidikan berikutnya setelah lulus.. Bisa gak yaa…? Banyak sekali pertimbangan yang saya pikirkan. Kapan-kapan deh pengen nulis curcolan kelas berat: “Setelah lulus kuliah, lalu..?”. Kegalauan yang berbeda ketika setelah lulus S1.. ya iya pertimbangan utama bukan hanya dari diri sendiri, kan ada suami dan anak.

Minggu kemarin ini, saya malah gak sempet nulis sama sekali. Thesis juga saya pause dulu. Ibu  dan Bapak (mertua) lagi berkunjung, jadi minggu pertama mereka di sini dihabiskan dengan mengajak libur ke Spanyol Selatan, wilayah Andaluisa, tepatnya Malaga dan Granada. Masih ada utang tulisan lagi untuk Trip Malaga and Granada nih, heu.. Padahal trip sebelumnya juga belum selesai dikerjain. Tripnya menyenangkan, terutama cuacanya, dih… Alhamdulillah sedepnya matahari hangat. Apalagi Belanda malah seminggu itu hujan-angin-es-salju, dah ga jelas pisan cuaca.

Entah karena sudah biasa nulis setiap harinya, jadi selama trip ini saya makin gatel ingin nulis. Banyak banget ide cerita berseliweran di kepala, tapi badan dan kondisi gak kompromi. Tadinya mau diniatin pokoknya malem setelah jalan-jalan atau paginya harus disempetin nulis, biar lega.. berasa kayak kebelet pengen ke belakang gitu. Saya sadar, menulis kayaknya udah jadi kebutuhan penting saya untuk merasa lebih seimbang. Jadilah si ide-ide berceceran itu sempet saya salin di notes kecil. Penting itu, kalau gak ide nanti bakal hilang gak berbekas.. Ingatpun malah enggak sama sekali. Lebih baik disimpan dulu dalam bentuk poin-poin, semoga bisa terpakai.

Perubahan suasana dan rutinitas memang berpengaruh ya sama nulis. Menulis butuh waktu khusus? Mungkin benar adanya. Dengan situasi yang kondusif semuanya lebih bisa mengalir. Tapi itu kadang jadi pembenaran salah sih buat saya. Eh ini waktunya gak enak dipakai nulis, mending nanti aja, yang jadinya malah numpuk dan males nulisnya. Kayak cucian piring numpuk yang ditunda-tunda untuk dicuci akhirnya pas mau nyuci rasanya beraaat bener dah.

Untuk “mengganti” kegiatan menulis yang rutin, selama trip saya baca buku aja deh.. Kan katanya: “If you want to be a writer, you must do 2 things above all others: read a lot and write a lot”. Kan lumayan tuh ada waktu selama perjalanan nunggu di bandara, di pesawat, di kereta, yang makan waktu 2 jam atau 3 jam. Apalagi Runa kadang tidur atau asik main sama Akung dan Uti-nya. Saya bisa namatin Hujan karya Tere Liye.. yaa ga begitu rame banget sih ceritanya (IMVHO), tapi yang saya takjub adalah bisa gitu ide sederhana dikembangkan jadi novel tebel dengan untaian kalimat dan bahasa yang bagus, pe er banget ya jadi penulis bisa kayak gitu. Saya juga sempet membaca Rantau 1 Muara-nya A. Fuadi, belum beres sih, masih on going. Beda lagi menariknya.. bahasa A. Fuadi juga saya suka, apalagi suka ada selipan istilah Minangnya hoho, jadi berasa dekat.

Ah segitu dulu deh.

Saya sambung lagi.

Semoga bisa menemukan ritme menulis lagi.

Gambar dari sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s