My Top 10 Guilty Pleasures


Guilty pleasureSomething that you shouldn’t like, but like anyway (Urban Dictionary)

Guilty pleasure ~ Something pleasurable that induces a usually minor feeling of guilt (merriam-webster Dictionary)

Monik version: Kesenangan yang berdosa. Jadi suatu kegiatan yang sebenarnya tidak sesuai (pakem pribadi) tapi dalam pelaksanannya itu malah bikin doyan atau nikmat. Walaupun tau salah tapi tetep dikerjain juga.. Dalam proses pengerjaannya ya terselip rasa bersalah jadinya.

Here’s my top 10 guilty pleasure (random order)

1. Tidur sama Runa

Sejak Runa menginjak 3 tahun, memang kami mencoba agar Runa tidur sendiri. Walaupun belum beda kamar, tapi paling tidak beda tempat tidur dulu deh. Memang awal-awal susah karena Runa pengen ditemenin dan dibacain buku dulu, kadang Runa juga masih pengen bobo sambil ndesel-ndesel Bundanya. Lama-lama Runa bisa juga tidur di kasur sendiri tanpa ada saya. Cumaaa… sayanya yang kadang susah move on. Kalau Runa mau tidur malah saya yang nawarin bobo bareng saya *emak tidak konsisten*. Saya malah berakhir tidur empet-empetan di kasur mungil Runa, biasanya saya ketiduran setelah bacain buku atau kalau Runa kebangun tengah malem saya yang setengah sadar ngepuk-pukin Runa di kasurnya. Ayahnya yang geleng-geleng kepala, ini gimana anaknya mau mandiri? Habis tidur deket Runa enak siih, wangiii dan lembuuut, hihi..

2. Setelah masak, ga makan masakannya, tapi makan makanan lain

Entah kenapa kalau habis masak, saya suka males makan masakan sendiri. Mungkin udah kenyang kali sama bau masakannya selama proses. Pas saya pulang kampus dan kelaperan bukannya makan lauk yang ada malah masak mie goreng. Atau setelah selesai masak banyak untuk stok makanan, saya malah bikin roti bakar. Saya jadi kangen masakan mama kalau gini, yang selalu terhidang di meja kapanpun, hiks.

3. Bawa hape ke WC

Ini kebiasaan susah banget diubah. Saya dan suami punya kebiasaan yang sama. Kalau mau pup ke WC eh hape ikut dibawa. Saya pikir lumayan daripada ngabisin waktu di WC cuma buat pup, ya bisa disambi bales whatsapp, buka fb, buka IG. Jangan dicontoh ya pemirsa.. Akhirnya saya mengurangi aplikasi sosmed di hape, sekarang cuma whatsapp sama wordpress, lumayanlah jadi tangan ga banyak slide-nyekrol layar lagi.

4. Ngupil

Sudah dibahas di sini. Tentu tidak dilakukan di depan umum lho yaa..

5. Ngemil di malam hari

Biasanya jam 5 atau jam 6 saya udah makan malem. Harusnya kalau tidur jam 9 sih gak akan lapar lagi. Berhubung sekarang magribnya aja jam 10, jadi sambil nungguin gelap saya suka laper lagi.. Terus ngendap-ngendap ke lemari makanan dan bawa ke kamar. Kalau lagi begadang juga pasti pengennya sambil ngemil, entah chips, biskuit, yoghurt, indomie, atau roti (ngemil apa makan besar ini judulnya?). Cuma berasa ya gak sehat ngemil malem-malem.

6. Tidur (lagi) setelah suami berangkat ngantor

Ini saya lakukan kalau gak ada jadwal pagi ke kampus dan Runa belom bangun juga. Suami berangkat biasanya jam 7.30. Pas suami lagi mandi dan siap-siap saya biasanya nyiapin bekelnya untuk makan siang. Habis suami berangkat, lihat kasur menggoda, jadi pengen bobo lagi dehh.. Biasanya sih ini kejadian kalo malemnya habis begadang atau habis subuh gak tidur lagi, jadi ada sedikit pembenaranlah, kan masih ngantuk.

7. Overtime di kampus

Sekali dalam seminggu ada jadwal ayahnya yang jemput Runa di sekolah. Ayah gak boleh kalah dong sama hot daddies di sini yang juga sering anter jemput anak atau bahkan anter anak ke posyandu (tanpa istrinya). Kesempatan ini saya manfaatkan untuk tetep ngendon di kampus. Biasanya ya mberesin thesis sampe puas, dilanjut sama blogging, atau blogwalking. Tenang sih karena Runa di rumah kan sama ayahnya, biasanya saya udah nyiapin makan malem biar habis pulang mereka bisa langsung makan. Ada kepuasan saat bisa punya waktu sendiri selama beberapa jam, walaupun di sisi lain pengen cepet pulang juga. Gakpapalah toh sekali-sekali ini.

8. Maraton nonton serial

Ini udah jarang sih saya lakuin, mungkin sudah tergeser sama hal-hal lebih penting lainnya *sok iyeh*. Dulu saya suka maraton nonton serial How I Met Your Mother, sampai menghayati episod-episodnya. Sempet juga ngikutin Grey’s anatomy dan Big Bang Theory, tapi loncat-loncat. Waktu lagi ngambil kuliah Basic in Medicines dan si dosennya mention tentang film Dr. House saya jadi penasaran dan malah ngikutin dari season 1. Pernah juga saya penasaran sama serial Romance in the Rain yang dulu tayang di Indosiar dengan judul Kabut Cinta, saya tuntaskan maraton serial itu dari awal sampe tamat (via youtube) saking penasarannya. Iya saya kalau udah penasaran suka susah berhenti. Biasanya maraton ini saya lakukan di malam hari sampai mata capek, besoknya? tidur sampai akhirnya dibangunin Runa. Untung koleksi film dan serial saya udah gak banyak, jadi kegiatan ini gak sering lagi saya jabanin.

9. Poffertjes, ice cream, cheese, and hageslag

Cemilan “sehat” saya nih haha.. Apalagi sekarang cuaca lagi panas, makan eskrim emang paling enak. Cuma eskrim aja gak nendang? cobain resep saya nih. Poffertjes-nya tinggal beli di supermarket aja. Poffertjes ini udah dilengkapi dengan sekotak kecil butter di dalamnya. Ambil beberapa biji poffertjes, secuil butter, segenggaman keju dan hageslag (meses), lalu masukkan ke microwave. Hangatkan selama 30 detik aja sampai butter dan kejunya meleleh. Setelah itu tambahkan beberapa sendok eskrim sesuai selera, kalau kesukaan saya rasa vanilla-strawberry. Sensasi hangat dan dingin beserta manis gurih dari butter-keju-hageslag bikin lidah meleleh. Ini cara cepat bikin perut buncit! Tapi gimana dong.. nagih..

Menikmati cemilan "sehat" ala Monik: Poffertjes-ice cream vanilla straberry-cheese-hageslag
Menikmati cemilan “sehat” ala Monik: Poffertjes-butter-ice cream vanilla strawberry-cheese-hageslag

10. Kopi

Saya punya maag, saya juga suka migren kalau telat makan. Tapi tetep aja bebal untuk minum kopi. Kalau saya minum kopi tapi perut belum terisi dengan benar? Gak lama kemudian saya bisa kena migren dan perut jadi kembung. Entah kenapa kopi tu udah jadi agenda harian saya, terutama menemani kalau saya lagi kerja, baca buku, atau santai. Padahal saya bukan pecinta kopi banget, cuma penikmat aja. Hanya saja kebiasaan ngopi saya ini selama di Belanda malah makin terfasilitasi. Paling gak banget itu kombinasi indomie dan kopi untuk mengisi perut, gak sehat yak!

Nah udah deh segitu aja. Beberapa guilty pleasures saya ini memang gak patut dikerjakan (sering-sering), sesekali bolehlah. Saya juga mencoba mengurangi dan menahan diri kok. Apalagi bentar lagi mau puasa *eh*.

Kalau guilty pleasure versimu apa?

Advertisements

5 thoughts on “My Top 10 Guilty Pleasures

    1. haha iya mas itu sebelum ber-smart phone aku bawaanya buku ke WC, tapi kamar mandi di indo kan gak kering ya.. jd pas naro2 bukunya suka basyaah. Apalagi kalo lg ujian, sok2 bawa catetan kuliah ke WC. Skrg udah jarang banget bawa buku, malah hape yg dibawa

  1. mbak monik, ahahahaa….samaaaaa. Nomor 2 juga aku banget. Sok2 bijak depan anak masak yang sehat, begitu sampe kantor akunya malah beli makan siang di luar sesuka-sukaku aja. Seenak perut aja padahal kadang itu jajanan jorok atau penuh kolesterol dll dll. Terus nomor 10, ih sama pisan euy. Akupun bukan pecinta cuma penikmat etapi tiap abis minum kopi ya gitu deh perutnya malah perih2 ala orang maag (emang waktu SMP SMA punya maag sih)

    1. Tos mbaak! Emak2 gak konsisten nih, pengen anak2 sama suami sehat, tapi sendirinya jajan.. Kopi tu emang nagih2 gmn, jgn2 didalemnya ada ganja *lehoohh

      1. ahahaha iya pencitraan bener yak kita mbak. Ampun deh…..Soal kopi, iya nagih gitu ya, padahal kemarin cek gula darah udah 140 aje angkanya (normalnya 150, lewat dari itu udah kategori gula darah tinggi katanya). Kan harusnya angka itu udah warning ya gegara tiap hari ngabisin secangkir white coffee instant gitu yang tau ndiri deh kadar gulanya kayak apaan tau 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s