Aktivitas Runa saat Winter Holiday


Di Belanda liburan natal dan tahun baru memang dibablasin sekalian sama liburan sekolah anak. Aura liburan dan natal bahkan sudah terasa dari awal bulan Desember. Banyak acara dinner, acara buka kado, sinterklas datang dll. Tapi kita mah adem ayem aja sih ga banyak acara. Kebanyakan acara natal di sini juga bukan sebagai perayaan keagamaan, tapi lebih ke kultural aja. Kasarnya mah orang Belanda maunya rame-ramean ngerayain pestanya tapi pas ibadah ke gerejanya mah ga ikutan, hehe.

Nah, berhubung ayahnya Runa ga libur banyak pas natal sampai tahun baru, ya kita pun jadinya di rumah aja deh. Malah Si Ayah ngambil cutinya seminggu sebelum natal, kita sempet road trip ke Belgia aja 5 hari. Setelahnya liburannya sepi sepi aja. Runa juga sekolahnya libur sampai tanggal 9 Januari. Begitu juga dengan kelas judo-nya Runa. Jadinya kita banyak menghabiskan waktu di rumah. Apalagi cuaca ni dingin-dingin berangin. Kadang cerah tapi ga berarti kita bisa keluar rumah dengan nyaman.

Nah saya jadi mikir agak kreatif untuk menyusun kegiatan Runa biar ga bosen dan ga monoton. Saya bukan ibu-ibu bertangan kreatif yang bikinan art craft atau gambarnya bagus. Saya juga ga punya ide-ide lucu buat bikin mainan Runa. Ya udah saya nanya ke kakak saya yang anak seni rupa untuk saran-saran. Dia ngasih saran ada beberapa kegiatan yang bisa dicontoh di Youtube atau Instagram. Untunglah di dekat Rumah ada toko Action yang menjual segala rupa peperintilan. Jadi saya ga usah susah-susah nyari bahan bermain dan kegiatan art craft. 

Ini dia beberapa kegiatan Runa selama liburan. Saya catet siapa tahu nanti bisa dipraktekan oleh emak-emak lain atau juga buat nyimpen ide untuk adik Runa kelak (eaaaa)

1. Bermain di Rumah

Kalau ini kebanyakan mainnya sama Bundanya aja. Akan lebih seru kalau ada temennya Runa main ke rumah dan ikut main. Permainan kreatif bersama Runa lebih sering melibatkan kertas, cat air, spidol, dll. Atau bisa juga memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai lagi. Meskipun ujung-ujungnya ya ini jadi sampah juga sih, haha. Yang penting pernah termanfaatkan.

Di antaranya:

Buaya dari dus bekas telur – een eierdozenkrokodil

Buaya dari dus bekas telur - een eierdozenkrokodil

Buaya dari dus bekas telur – een eierdozenkrokodil

Bahan:
Kotak bekas telor yang isi 12 (untuk badan) dan isi 6 (untkk kepala), cat kertas, kertas warna, lem, mata-mataan mainan
Inspirasi bikin ini dari buku cerita Runa, ‘Er Ligt een Krokodil onder Mijn Bed!’ Ceritanya tentang buaya yang ada di bawah tempat tidur seorang anak, trus Si Buaya ngajak anak tersebut main, salah satunya bikin een eierdozenkrokodil (buaya dari dus telur). Runa ngelihat halaman itu, eh jadi pengen bikin deehh..

Kreatif dengan cat dan bekas tisu gulung

Kreatif bersama cat dan bekas tisu gulung

Kreatif dengan cat dan bekas tisu gulung

Bosan menggambar dan melukis pakai kuas? Perlu tantangan baru? Coba deh pake buletan bekas tisu gulung ini. Beda juga sensasinya. Setelah terbentuk bulatan, bisa dikasih mata atau dihias sesuai selera. Kalau Runa dikasih matanya pakai kancing. Maklum stok kancing mainannya banyak, haha.

Botol Ajaib

Botol Ajaib

Botol Ajaib

Alat dan bahan: botol aqua bekas, kertas warna, lem, glitter, mata-mataan, kancing baju, tali/benang, cat air.
Bikinnya:
– Kertas warna dilem dan ditempel ke botol aqua.
– Setelah kering dicat pake cat air warna warni, bebas deh
– Terus diguling-gulingin di taburan gliter biar si botolnya blink-blink 😋
– Dikasih mata, hidung dari kancing baju, dan mulut dari benang.
– Bagian atas botol disangkutin sama benang biar bisa digantungin.
Ga rapi gapapa deh, berantakan juga gapapa ni rumah, yang penting maennya

Color sorting

Color sorting

Color sorting – memilah-milah kancing sesuai warna

Kolase

Kolase

Kolase – melengkapi bagian-bagian gambar dengan berbagai bahan, bisa glitter, kertas lipat yang digunting-gunting, pernak-pernik kecil dll.

whatsapp-image-2017-01-02-at-11-58-16-1

Kolase Hijaiyah

Bermain Lego dan Playdough

Kalau bosan dan ga ada ide sama keterampilan tangan, bisa diselingi sama permainan bangun-membangun dengan Lego, atau bentuk-membentuk dengan playdough. Terserah deh Runa mau bikin apa. Btw, kita baru dapet lego segambreng gitu pas lagi ke vlooimarkt (pasar yang jualan barang second). Harganya cuma 20 euro (sekitar 300 ribu) tapi dapetnya buanyaaak banget, sekotak gede. Gak bertema sih, tapi malah bikin imajinasi anak lebih terbuka karena dia bisa bikin apa aja yang dia mau dengan pieces sebanyak itu, hoho.

Kalau playdough mah udah sering kan yaa.. Tapi tetep anak-anak tuh ga pernah bosan sama si malam ini. Tetep bisa jadi pilihan bermain juga.

Atas: bermain lego. Bawah: bermain playdough

Atas: bermain lego. Bawah: bermain playdough

2. Memasak atau Baking

Berhubung Bundanya Runa ga jago-jago amat masak atau baking kue, jadi kegiatan ini dilakukan khusus untuk menu atau resep yang gampang dikerjain sama anak-anak. Daripada udah bikin dengan segala macam bahan eh taunya gagal kan nyesek. Yang paling sering kita bikin tidak lain dan tidak bukan adalah agar-agar dari nutrijel, haha. Simpel banget itu mah. Tinggal rebus-rebus dan aduk sampai mendidih, baru tuang ke cetakan. Runa biasanya ikut ngaduk-ngaduk air+gula+serbuk nutrijelnya sebelum dimasak di kompor. Tentunya yang paling Runa suka itu menuang adonan agar ke berbagai bentuk cetakan agar.

Selain itu paling Runa diajak bikin bolu jadul dengan resep anti gagal dari Tante Intan, hoho. Atau kalau mau lebih mudah lagi beli tepung instan untuk bikin kue/cake/muffin. Anak-anak lebih mudah ngikutinnya dan risiko gagal lebih sedikit.

Runa dan agar-agar nutrijel

Runa dan agar-agar nutrijel

Bolu jadul mini dengan bantuan Runa

Bolu jadul mini dengan bantuan Runa

3. Bermain bersama teman

Runa ini seneng banget kalau ada temen mainnya. Untunglah di lingkungan rumah kami masih banyak anak-anaknya (terutama anak-anak Indonesia). Jadi sebenarnya kalau mau main bareng tinggal ngontak para mamanya aja. Lagi lowong ga, anaknya boleh main ga? Dulu ada Mas Rayyan dan Mbak Mayya dan baby Kinan. Setelah pada pulang semua, Alhamdulillah ada regenerasinya. Sekarang teman main Runa malah makin banyak. Ada Raisya dan Raihanna, ada Kinanthi, ada Mimi dan Lili, ga ketinggalan temen cowo-cowonya Runa: Anis, Ismail, dan baby Hanif.

Minggu lalu Runa seneng banget ada baby Fatih nginep di rumah. Jadilah main dari malem sampai paginya. Belum lagi beberapa hari yang lalu Runa asyik main sama Kakak Mila dan Ezra. Gak berhenti-berhenti mainnya. Dengan bersama ya mereka kan jadi belajar gimana berteman, gimana berbagi, gimana memposisikan diri, atau membela diri ketika berantem haha (terutama kalau Runa lagi dijailin sama Anis dan Ismail). Biar makin belajar jadi anak sosialis yang ga egois

4. Permainan Indoor

Waktu cuaca di luar gak mendukung, indoor playground bisa jadi pilihan yang tepat. Anak-anak bisa asyik dengan permainannya sementara orang tua bisa santai ngopi-ngopi di tempat duduk.

Enaknya di Lewenborg, lingkungan rumah kami, ada satu permainan indoor yang lumayan bagus. Naik sepeda aja dari rumah cuma 5 menit sampai deh. Namanya Ballorig. Selain itu ada juga tempat sejenis namanya Monkey Town, itu mah bagus ey. Kalau zaman saya kecil mah dulu kayak Alfazona di Bandung.

Permainan indoor lainnya bisa juga berenang (kolam renangnya indoor dong, kalau ga dinginnnnya kayak apa ntar.. airnya juga hangat). Tapi saya belum ngajak Runa berenang lagi sih, males kalau sendirian. Pengennya ada temennya hehe.

Ballorig Groningen

Ballorig Groningen

Ballorig Groningen

Ballorig Groningen

5. Permainan outdoor

Walaupun jarang main di luar rumah akhir-akhir ini, tapi kalau bosen yaa bolehlah sesekali. Seperti beberapa hari yang lalu Runa main sepeda sama Anis dan Ismail. Padahal cuaca lagi dingin dan anginn.. brr.. tapi anak-anak cuek aja. Ya udah Runa pun ikutan main sepeda, lumayanlah belajar naik sepeda dengan roda bantuannya dicopot. Mudah-mudahan nanti udah lancar naik sepeda roda dua.

6. Ke Perpustakaan

Seneng lho di deket rumah ada perpus! Jadi kalau Runa bosen sama buku-bukunya di rumah ya bisa main ke sana. Bisa baca di sana atau bawa pulang. Pilih-pilih buku sendiri dan minjem sendiri. Bisa pinjam max 10 buku selama 2 minggu!

Bibliotheek Lewenborg

Bibliotheek Lewenborg

7. Ke Winkel/Belanja

Ini mah kalau emaknya yang bosen sebenernya haha.. Tentu Runa diajak kalau Bundanya belanja. Runa bisa naik sepeda, naik scooter, atau jalan kaki. Sesuai mood Runa deh. Runa boleh pilih mau cemilan apa, asaaal.. harus dihabisin, gak boleh mubazir.

Di atas itu, sebenarnya tidak penting apakah seorang ibu itu harus kreatif dan banyak ide permainan saat bermain bersama anaknya. Yang saya sadari, mereka tidak begitu butuh mainan yang bagus dan segala macam rupa permainan, yang mereka butuhkan hanyalah keberadaan kita dalam menemani mereka bermain. 

Sekian cerita saya di awal tahun.

Sampai jumpa lagi!

Advertisements

One thought on “Aktivitas Runa saat Winter Holiday

  1. Waaah seru banget yaaa ide-ide main Runa.
    Jadi ada masukan ide buat saya buat anak-anak main.
    Sering banget pengen kasih aktivitas buat si sulung (4 tahun), malah buyar diacak-acak adeknya (14 bulan), trus mamanya makin males :p

    TFS Teh Monik! Resolusi 2017 nih, Banyakin art and craft activities buat anak-anak.

    Salam yaaa buat Runa 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s