Being Indonesian in the Netherlands, Groningen's Corner

Celengan Kebaikan – #RamadanBerkarya


Waktu tahu ada #ResepKarya ini di #RamadanBerkarya bersama DeGromiest Kinderen, Runa langsung semangat ingin bikin-bikin sesuatu. Tapi Runa pinginnya Senja juga ikutan. Jadilah kami bikin dua celengan kaca. Runa yang punya idenya, Senja yang ikutan menghias dan bikin hebohnya, hihi..

Celengan ini nanti akan diisi koin-koin bergambar Elsa dan Anna. Maklumlah ya anak-anak cewe. Tokoh princess yang terdiri dari kakak-adik👸🏻👸🏼 ya Frozen ini. Bunda mencetak gambar Elsa dan Anna yang Runa dan Senja suka. Setelah itu Runa yang menggunting bulatan koin Elsa untuknya. Sementara Bunda yang menggunting bulatan koin Anna untuk Senja.

Celengannya terbuat dari toples kaca bekas saus pasta yang dicat. Runa memilih warna biru dan Senja memilih warna merah. Mencat-nya sih sebentar, tapi belepotannya lumayan juga. Celengannya ditutup (tapi gak ditutup permanen) dan diberi nama masing-masing anak.

Bagaimana cara mendapatkan koin?
Koin-koin ini bisa didapatkan kalau Runa dan Senja berbuat baik. Runa pun menyusun apa saja list kebaikan yang kira-kira bisa ditukarkan dengan koin. Tapi tentunya bukan perbuatan baik yang sudah jadi kebiasaan, seperti salat dan mengaji. Harus berupa kebaikan yang kadang dikerjakan kadang tidak, misalnya membantu Bunda memasak, membacakan buku buat Senja, dll.

Tantangannya adalah: Koin-koin yang sudah dimasukkan ke dalam celengan bisa diambil lagi, kalauuu… Runa dan Senja melakukan perbuatan kurang baik, contohnya kalau dua bersaudara ini berantem. Ternyata cukup ampuh juga bikin Runa jadi bersabar.
List untuk Senja? Tentu saja dibuatkan kakaknya. Senjanya tinggal terima jadi. Runa yang bagian jadi polisi, mengingatkan Bunda kalau Senja boleh ditambahkan atau dikurangi koinnya.

Yang menarik adalah dalam penyusunan list ini adalah proses diskusinya. Kami membiarkan Runa mengusulkan setiap perbuatan baik dan kurang baik. Kalau kami setuju, Runa akan menuliskannya. Setiap perbuatan baik dan kurang baik memiliki nilai koin sendiri-sendiri, sesuai yang kami sepakati. Dalam hal ini terjadi tawar-menawar yang cukup ketat antara Runa dan ayah-bunda, disertai argumen yang mendukung opini masing-masing pihak, haha.

1 koin setara dengan 1 euro💰. Jumlah koin akan dihitung di akhir bulan Ramadan. Akan diuangkan untuk disedekahkan kemudian. Untuk Runa dan Senja, hadiahnya🎁 tentu bukan berupa uang dong. Ada deh, kejutan buat nanti!

Celengan kebaikan ala Runa dan Senja
Behind the scenes
List kebaikan yang disusun Runa

5 thoughts on “Celengan Kebaikan – #RamadanBerkarya”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s