Random Things

(Jangan) Alergi Bangun Pagi


Setelah subuh enaknya itu bobo lagi, godaannya besar. Tapi tentu lebih utama gak tidur lagi, tapi kok prakteknya susah ya. Manalagi karena waktu subuh di Belanda (atau CET/CEST, central european summer time) ini berubah-ubah mengikuti pergerakan matahari.

Kalau dihitung-hitung dalam seminggu ini, setelah subuh, saya lebih banyak lanjut tidurnya daripada lanjut aktivitas. Bangun-bangun udah 7.30. Hitungannya belum telat sih untuk memulai aktivitas. Soalnya di sini kan anak-anak sekolah jam 8.30, ngantor juga jam 9. Tapi rasanya memang lebih puas kalau bangun lebih pagi dalam memulai hari.

Dulu waktu masih kecil-kecil, teringat Mama dan Papa saya selepas subuh gak pernah tidur lagi. Papa sibuk beres-beres, sementara Mama udah di dapur aja. Dari jam 4.30, bahkan sebelum subuh mereka sudah bangun, siap-siap. Jam 6, udah deh pada berangkat semua ke sekolah/ngantor. Maklum rumah kami jauh.

Saya jadi malu, selama ini saya sepertinya lebih sering menghabiskan waktu tak bermanfaat untuk kembali menarik selimut. Alergi rasanya bangkit dari tempat tidur. Padahal ini belum winter lho. Kalau winter wahhh.. perjuangannya untuk keluar dari tempat tidur luar biasa banget. Udah kayak jihad aja. Butuh obat anti-alergi bangun pagi yang kuat nih, alias motivasi besar. Idealnya maaaah yaaa, kalau jadi orang soleh banget, habis solat subuh tu ngaji, kalau perlu hapalan Qur’an. Soalnya pikiran kan jernih pas bangun pagi. Jadi bisa banyak masuk hapalannya.

Semoga gak alergi bangun pagi lagi! Bismillah

2 thoughts on “(Jangan) Alergi Bangun Pagi”

  1. Hawa dingin menjelang shubuh memang saat yang paling enak untuk selimutan dan tidur lelap, enggan rasanya untuk beranjak dari tempat tidur apalagi kalau harus bersentuhan dengan air dingin. Padahal, dari sekian banyak hasil penelitian terbukti bahwa dengan membiasakan bangun menjelang shubuh kemudian shalat shubuh banyak manfaat yang bisa didapat, terutama untuk kesehatan tubuh.
    Bermanfaat sekali infonya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s