Catatan Hati

Titipkan pada Allah


Titipkan pada Allah❤️

Seringkali kita dihinggapi rasa khawatir mengenai urusan dunia. Bagaimana pekerjaan kita, kuliah kita, materi kita, bahkan sampai ke urusan anak. Bagaimana nanti anak-anak kita? Urusan jasmaninya, pendidikannya, hingga masa depannya. Maka di dunia barat muncul paham kalau anak itu adalah beban, ada tanggung jawab yang besar di sana. Seperti yang sedang hangat diperbincangkan tentang ribetnya mengurus anak. Apalagi sekarang booming childfree, dengan alasan dan latar belakang yang bermacam-macam disertai pro dan kontra.

Untuk saya dan suami, pernah terpikir ada rasa berat. Betul mendidik anak dan membesarkan anak itu berat, bukan hanya urusan materi dan jasmani dong ya. Terlebih urusan rohaninya. Apalagi saat ini kami bermukin di Belanda. Makin galau, gimana bisa mendidik anak-anak di lingkungan minoritas Islam? Sampai ada nasihat seorang Ustadz menampar kami.

Alangkah angkuhnya manusia. Merasa bahwa ia bisa menyelesaikan urusannya dengan kemampuannya. Anak-anak ini milik Allah, Allah yang akan menjaganya. Bukan dari usaha kita, bukan dari kekuatan kita, anak-anak ini bisa jadi manusia yang berhasil di dunia dan di akhirat, tetapi dari jalannya Allah. Kita cuma perlu berserah aja dan berdoa, gak usah pake ribet deh, titipkan semuanya. Kenapa kita selalu merasa mampu untuk mengatur hidup kita, ini dan itu. Mengapa kita selalu merasa hebat, saya memiliki keputusan ini dan itu. Seolah di tangan kitalah semuanya akan berjalan. Memang kita ini siapa? Di dunia aja cuma numpang.

Alangkah lemahnya manusia. Merasa tahu mau melakukan apa-apa, merasa mengerti, padahal tak ada satupun hal yang kita mampu dan ketahui tanpa bimbingan Allah SWT. Manusia ini, dicabut saja satu kenikmatannya, sudah kalang kabut paniknya. Manusia ini, diberikan saja ujian kecil, rasanya dunia sudah terbalik-balik. Jiwa ini milik Allah, maka Allah-lah yang menyelesaikan semua urusan kita. Coba saja jika Allah memberikan kita kuasa sedikit saja untuk menjalankan hidup kita, dijamin kita tidak mampu, saking lemahnya manusia (Seperti doa di bawah ini).

Maka berdoalah.
Seperti nasihat Rasulullah SAW kepada putrinya Fatimah RA untuk senantiasa berdoa pada setiap pagi dan petang. Sebuah nasihat indah yang membuat saya tertegun.

“Wahai (Dzat) yang Maha Hidup dan Maha Berdiri! Dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan. Perbaikilah urusanku seluruhnya, dan jangan Engkau serahkan aku kepada diriku walau hanya sekejap mata.” (HR Imam An-Nasai, Imam Al-Hakim).
.

1 thought on “Titipkan pada Allah”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s