review buku

Umar bin Abdul Aziz – komik kisah teladan


The Great Salafusshalih – Umar bin Abdul Aziz, komik kisah teladan oleh @vbi_djenggotten

Umar bin Abdul Aziz adalah seorang salafusshalih di masa tabi’in yang menjadi amirul mukminin, pemimpin negara yang Masya Allah sangat amanah. Beliau mengambil jalan Khalifah seperti kakek buyutnya, Umar bin Khattab.

Pemimpin mana yang ketika diangkat menjadi “presiden” malah mengucap Innalillahi wa innailaihi raji’un? Seakan jabatan kepemimpinan bukanlah hadiah, tetapi adalah ujian yang besar.

Pemimpin mana yang ketika menjadi rakyat ia adalah seorang yang kaya raya, tetapi ketika ia menjabat, hampir seluruh kekayaannya diserahkan pada negara untuk kesejahteraan rakyat?

Pemimpin mana yang saking hati-hatinya mengelola harta milik negara, lalu ia membedakan antara pemakaian lilin dinas dan lilin pribadi (untuk meneranginya) saat rapat menjawab urusan negara dan urusan pribadi?

Di zamannya bahkan penduduk sampai bingung membayar zakat karena tak ada lagi fakir miskin. Sementara dirinya hidup sederhana, ajudan tak punya, istana tak ada, kendaraannya hanya keledai, dan rumahnya hanya beralaskan tikar keras.

Beliaulah pemimpin yang dirindukan surga.
=====
Waktu membaca komik ini bersama-sama Runa, Runa sampai bengong, “Masa iya sih kayak gitu? Kenapa?” Seperti gak percaya, memang ada pemimpin seperti itu.

Iya emang sih, zaman sekarang mau nemu pemimpin seperti beliau cem nyari kutu di lautan manusia. Kalau ada, nyes adem banget mungkin hidup ini. Semoga akan ada pemimpin dengan ilmu seperti beliau, kebijakan dijalankan sesuai syariat, hak-hak rakyat dipenuhi tanpa kecuali, keadilan tegak, rakyat sejahtera. Masya Allah, aamiin.

#BacaBuku2022#KomikIslam#KomikAnak#umarbinabdulaziz#umarbinkhattab#Khalifah#KomikMuslim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s