Cerita Runa

Kerjaan Runa #13: Mengupas Telur Rebus

Ini salah satu kegiatan andalan untuk Runa kalau bundanya lagi masak, hehe.. Sekalian Runa jadi bisa bantuin kerjaan bunda di dapur. Kalau saya lagi mau bikin masakan yang mengandung telur rebus di dalamnya sudah pasti jobdesk Runa adalah mengupas si telur rebus itu.

Runa pertama kali diajakin ngupas telur sama Bude Nunung. Meski telur yang dikupas bentuknya jadi ga mulus karena bocel-bocel sana sini, tapi gak papa deh yang penting tidak mengubah rasa telur rebusnya kan? Awalnya kalau telur sudah dikupas, Runa seneng makanin telurnya, tapi lama-lama dia gak doyan, bosen kali. Jadilah cuma doyan ngupasnya aja.

Kalau udah dikasi 4-5 biji telur, Runa jadi anteng deh sendirian. Bundanya bisa nyiap-nyiapin bumbu buat masakannya. Masakan  ala saya yang biasanya pake telur rebus itu soto, gulai, balado, dan semur. Seneng deh ada yang bantuin di dapur, sampe gede ya Nak bantuin bunda hehe..

Runa Mengupas Telur
Runa Mengupas Telur
Cerita Runa

Kerjaan Runa #4: Play with Chopsticks

Fine motor skill with chopsticks – Melatih motorik halus dengan sumpit

Cara mainnya gampang kok. Cuma mindahin pasta dari satu wadah ke wadah lain. Awal-awal masih sabar, lama-lama dituang aja semuanya, terus diawur-awur. Selain melatih motorik halus, main ini juga bisa menguji kesabaran anak lho. Sumpit yang dipakai bagusnya yang kedua tusukannya menyatu, kalau yang terpisah seperti sumpit biasa kan susah, kita aja belum tentu bisa, hehe..

Bentuk pasta yang Runa mainkan di bawah ini agak mudah untuk dicapit, karena bagian tengahnya berlubang (tortellini apa ya nama pastanya). Selain bereksperimen dengan pasta berbentuk ini, bisa juga diganti dengan benda lain. Kalau anak sudah menguasai yang mudah, lanjutkan dengan benda yang lebih susah. Runa sudah pernah juga bereksperimen dengan biji kacang hijau, kacang kedelai, dan yellow mung bean (lebih tipis dan warnanya kuning). Cuma yang rada pe-er emang bebersihnya sih, haha.. Karena gak puas main dengan sumpit, setelahnya pasti sama Runa suka diberantakin sampai berceceran. Tapi saya jadi bisa menugaskan Runa untuk bebersih: “Runa yang bersihin yaa.. kan Runa yang berantakin”, sambil saya sodorin sapu kecil dan pengkinya. Lumayanlah Runa jadi mau bersih-bersih, walopun ga bersih juga, tetep harus disapu juga sama saya.

Fine Motor skill with chopticks
Fine Motor skill with chopticks. This fine motor skill is involved in smaller movements that occur in the wrists, hands, fingers. They participate in smaller actions: picking up objects between the thumb and fingers.