Baby Knows Your Feeling


Setelah baca judulnya jangan buru-buru mikir yang aneh ah. Bukaaan.. maksudnya bukan bayi itu semacam cenayang atau paranormal. Lurusin dulu ye pikirannya.

A month with my lovely baby gives me an important point in nurturing her. Dari buku #AyahASI dan teori-teori tentang menyusui ditekankan bahwa asi ibu akan banyak diproduksi ketika ibu merasa rileks, bahagia, dan tidak stres. Hal iniย  akan melancarkan hormon oksitosin dalam merangsang pengeluaran asi.

Well, that’s true, but there’s another point i’ve learned. Alhamdulillah selama H+1 melahirkan asi saya melimpah, si dede ga perlu khawatir kekurangan sumber makanan dan minuman paling bergizi dan gratis di dunia. Kalo rasa cemas dan stres dalam mengurus bayi saya rasa wajarlah muncul pada ibu-ibu baru. Ga mungkin juga kita langsung sigap kan.

2 minggu pertama saya diback-up suami dan mama. Tapi kemudian, si ayah harus berangkat ke Siberia, Rusia untuk school-2 (semacam training wajib dr SLB) selama 1,5 bulan. Yah.. mau ga mau kita ditinggal deh. Demiii ini juga.. tau-lah tipikal perusahaan swasta asing oil service yang gampang main cut karyawan sana-sini. Kalo progres stafnya lambat ya gampang aja direlease, easy come easy go (emangnya jadi pns, geus gabut segimana oge juga ga akan kena pecat *pengalaman dulu pernah nemplok di badan pemerintah, heu*).

Emang dasar saya si tukang mellow, awal-awal ayah belom juga udah berangkat, rasanya sedih aja bawaannya (sedih ga ada yang back-up kalo begadang dan ga ada yang gantian ngegendong kalo si dede lagi nangis,hahaha). Intinya, I feel so gloomy (pleus faktor-faktor lain juga–we’ll get in to that later– yang bikin gloomy, but i’m not baby blues lho ya). Ya..ย  jadinya berasa kaya ada awan mendung di kepala. Berimbas pada saya jadi cepet cape, badan pegel, ga nafsu makan, dan mewek-mewek pas mimik-in sambil gendong si dede.

Entah bagaimana relasinya, rasa gloomy saya ini seperti menular ke si dede. Dia jadi lebih rewel pas malem, begadaaang terus kerjaannya, habis mimik-digendong-tidur bentar-eh bangun lagi. That was really exhausting and draining my mental. Saya pun sempet demam dan panas dingin. Kata dokter sih gejala sakit saya karena ada asi yang nyumbat di PD, ada bagian PD-nya yang keras dan itu bisa bikin demam.

Ketika saya sakit, saya menyadari.. i can’t be like this.. feeling gloomy, moaning, and drawning myself. Ntar sapa yang bakal jagain dan nyusuin si dede kalo emakny sakit?? Well.. i have to be strong! Ada pula sedikit pesan yang ngingetin:
“You must accept the fact that there is no help but self help (kamu harus menerima kenyataan bahwa tidak ada pertolongan, kecuali menolong diri sendiri)”. Apa yang diungkap oleh Bruce Lee tersebut sebenarnya sejalan dengan pengertian dalam agama Islam yang sering kita dengar, yakni “Tuhan, tidak akan merubah nasib suatu kaum, kecuali mereka sendirilah yang memperbaikinya. Ini menegaskan pengertian, bahwa kita tidak akan pernah berubah menjadi lebih baik, impian bisa menjadi nyata, mengubah nasib buruk menjadi baik,menjadikan hidup selalu berkecukupan, tanpa kita sendiri yang berusaha mewujudkannya.(By andri wongso)

Saat itu saya pun mulai sadar. Kecemasan dan kestresan saya ini dapat dibaca oleh si kecil, sehingga dia pun ikut rewel. Semelimpah apapun asi yang saya beri, ternyata tidak membuatnya kenyang dan tenang. Asi saya ini mungkin mengalirkan rasa mendung diri saya padanya, si kecil pun ikut mendung dan jadi ga mau tidur, akhirnya saya makin cape. Jadilah efek domino. Saya yang harus berhentiin efek bersambung ini.

Saat saya sudah mengusir galau itu dari diri saya, mulai menenangkan diri, menyenangkan hati, makan yang enak, banyak berdoa.. eeeh si dede pun jadi lebih tenang, bobonya nyenyak, mimiknya banyak.. dan finally i don’t feel exhausted anymore. Well.. baby really can feel your feeling and mind. ๐Ÿ™‚

Heup ah!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s